Shopee Cup, Panggungnya Klub Sepak Bola Indonesia untuk Jadi yang Terbaik di ASEAN

Shopee Cup, Panggungnya Klub Sepak Bola Indonesia untuk Jadi yang Terbaik di ASEAN
info gambar utama

Klub-klub sepak bola Indonesia punya panggung untuk menjadi yang terbaik di ASEAN, namanya Shopee Cup.

Shopee Cup akan hadir meramaikan kancah sepak bola ASEAN. Kepastian ini didapat setelah Shopee dan Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) mengumumkan kerja sama pada Kamis (4/4/2024).

Lewat kerja sama ini, Shopee Cup menjadi nama resmi dari Kejuaraan Klub ASEAN atau ASEAN Club Championship. Untuk diketahui, kejuaraan tersebut adalah ajang baru yang diinisiasi oleh AFF dan akan mempertemukan klub-klub terbaik dari berbagai penjuru Asia Tenggara.

"Shopee Cup akan berperan penting dalam menciptakan masa depan yang cerah bagi klub sepak bola ASEAN dan mentransformasi sepakbola di kawasan ini. Turnamen penting ini akan memupuk aspirasi klub-klub terkemuka di kawasan untuk menjadi juara ASEAN dan tampil sukses di Asia," ujar Presiden AFF Khiev Sameth.

Sementara itu, Shopee menjadikan kerja sama ini sebagai kesempatan untuk memperkenalkan platform jual beli itu di kalangan penggemar sepak bola Asia Tenggara.

"Shopee Cup memberikan kesempatan bagi kami untuk terhubung dengan para penggemar di berbagai penjuru Asia Tenggara yang berusia muda. Dengan ini, kami ingin memperkenalkan merek Shopee dengan cara yang menyenangkan kepada audiens baru, sekaligus tetap dekat dengan pelanggan yang sudah ada," ujar Chief Commercial Officer Shopee, Zhou Jun Jie.

Shopee Cup sekaligus menambah kesempatan bagi klub-klub Asia Tenggara untuk saling berhadapan satu sama lain. Sebelumnya, klub-klub tersebut kerap berduel di ajang Piala AFC.

Usai Kalahkan Vietnam, Peringkat FIFA Timnas Indonesia Naik!

Jadwal dan Format Shopee Cup

Shopee Cup bakal mulai digelar pada tahun 2024 ini. Menurut jadwal, turnamen akan dimulai pada 17 Juli dan berakhir pada 21 Mei 2025.

Turnamen berlangsung cukup panjang karena menerapkan format liga. Sebanyak 14 klub akan berpartisipasi, rinciannya yakni dua wakil dari Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Vietnam, serta satu wakil dari Filipina dan Singapura. Kemudian, satu wakil dari Brunei, Kamboja, Laos, dan Myanmar akan melalui babak play-off untuk memperebutkan dua tiket untuk berpartisipasi.

Klub-klub peserta Shopee Cup akan dibagi ke dalam dua grup, lalu bermain dalam format kandang-tandang sebagaimana liga pada umumnya. Dari setiap grup, nantinya diambil dua tim teratas untuk melaju ke semifinal. Adapun semifinal dan finalnya juga digelar kandang-tandang.

Untuk saat ini, belum ada jadwal resmi mengenai jadwal rinci Shopee Cup. Pengundian untuk menentukan grup juga baru direncanakan digelar awal Mei mendatang.

Maarten Paes, Sang Penakluk Lionel Messi yang Siap Membela Timnas Indonesia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini