Maarten Paes, Sang Penakluk Lionel Messi yang Siap Membela Timnas Indonesia

Maarten Paes, Sang Penakluk Lionel Messi yang Siap Membela Timnas Indonesia
info gambar utama

Nama Maarten Paes pernah ramai dibicarakan setelah tampil apik saat berhadapan dengan Lionel Messi. Kini, ia menuju Timnas Indonesia.

Maarten Paes bakal segera bisa membela Timnas Indonesia sebagai pemain naturalisasi. Ia telah direkomendasikan kepada DPR RI untuk mendapatkan kewarganegaraan Indonesia, dan Komisi X serta Komisi III menyatakan menerimanya dalam rapat kerja antara DPR, Kemenpora, Kemenkumham, Kemenkominfo, dan PSSI, di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (7/3/2023) lalu.

Kini, Paes tinggal menjalani sumpah sebagai Warga Negara Indonesia (WNI). Awalnya ia dijadwalkan disumpah pada 12 Maret 2024 bersama dua pemain lainnya yakni Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen, namun rencana itu diubah.

Adapun penampilan apiknya di hadapan Messi terjadi saat ia membela klubnya, FC Dallas, melawan Inter Miami CF dalam laga uji coba pramusim di Cotton Bowl Stadium, Dallas, Amerika Serikat, pada Selasa (23/1/2024) pagi WIB. Saat itu, Paes tercatat dua kali menghalau bola sepakan Messi yang memupuskan asa mega bintang asal Argentina itu untuk mencetak gol.

Tak cuma dua kali menaklukkan Messi, Paes juga membawa FC Dallas menang 1-0. Momen itu membuat namanya semakin melambung di Indonesia. Banyak pula yang kemudian memperhatikan kiprah Paes bersama klubnya.

Profil Thom Haye, Pemain SC Heerenveen yang Jadi Amunisi Baru Gelandang Timnas

Dari Belanda ke Amerika Serikat

Paes yang kini berkiprah di Amerika Serikat adalah pemain asal Belanda. Ia diketahui lahir di Nijmegen, Belanda, pada 14 Mei 1998.

Di kota kelahirannya pula Paes mulai meniti karier sebagai pesepak bola. Ia pernah bergabung dengan VV Union, lalu pindah ke NEC hingga 2018.

Selama di NEC, Paes berkesempatan main di level junior. Kemudian ia pun pindah ke FC Utrecht, klub yang memberinya kesempatan untuk merasakan main di level senior.

Di Utrecht, Paes mulai merasakan atmosfer kompetisi tingkat tinggi. Tak hanya bermain di ajang nasional seperti Eredivisie dan KNVB Bekker, kiper dengan darah Indonesia dari neneknya yang berasal dari Maluku itu juga menyertai timnya di ajang level benua, UEFA Europa League, kendati hanya menjadi pemain cadangan.

Saat di Utrecht pula penampilannya mulai menarik Timnas Belanda. Tercatat, ia pernah bermain bagi Belanda di level U-19, U-21, dan U-23.

Pada awal 2022, PaesDilepas Utrecht ke FC Dallas. Awalnya, ia hanya bermain denga status pinjaman, namun FC Dallas tertarik untuk terus menggunakan jasanya dan menebusnya secara permanen.

Kini, Paes pun menjadi kiper utama FC Dallas. Ia diandalkan klubnya di kompetisi Major League Soccer.

Ragnar Oratmangoen, Kekuatan Baru Timnas Indonesia Hadapi Vietnam

Referensi:

  • https://id.soccerway.com/players/maarten-paes/448951/
  • https://www.transfermarkt.com/maarten-paes/transfers/spieler/396077
  • https://www.pssi.org/news/komisi-x-dan-iii-setujui-natarulisasi-thom-ragnar-dan-maarten-paes

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini