Surabaya Masuk Daftar Kota yang Akomodasinya Termurah di Asia, Berapa Harga Rata-ratanya?

Surabaya Masuk Daftar Kota yang Akomodasinya Termurah di Asia, Berapa Harga Rata-ratanya?
info gambar utama

Surabaya ternyata termasuk kota yang harga akomodasinya paling murah. Dibandingkan kota-kota lain di Asia, harganya sangat bersaing.

Hal itu diketahui dari data yang dipublikasikan Agoda, perusahaan penyedia layanan reservasi penginapan secaea daring. Data tersebut berupa rata-rata harga kamar pada April dan Mei dihitung berdasarkan catatan pemesanan Agoda dari 1 hingga 18 Maret 2024.

Tarif rata-rata akomodasi di Surabaya adalah Rp.618 ribu. Dalam daftar, Surabaya bahkan hanya kalah murah dari Udon Thani, Thailand yang rata-rata harga kamarnya adalah Rp444 ribu.

Temuan ini tentu saja menjadi angin segar bagi para pelancong. Apalagi, pada periode April dan Mei ini terdapat beberapa hari besar yang menjadi waktu yang cocok untuk berwisata.

"Dengan banyaknya wisatawan di seluruh Asia yang menantikan hari libur nasional mendatang seperti Songkran, Idul Fitri, dan Golden Week, maka April dan Mei adalah waktu yang tepat untuk merencanakan liburan." ujar Senior Country Director Agoda Indonesia, Gede Gunawan, dalam keterangan tertulis.

Surabaya sendiri memang punya daya tarik sebagai kota tujuan wisata. Kota yang terletak di Jawa Timur tersebut punya sejarah panjang dengan berbagai peninggalannya yang bisa dikunjungi, misalnya Monumen Kapal Selam dan Tugu Pahlawan.

Tal hanya itu, Surabaya juga cocok jadi tujuan wisata kuliner karena makanan-makanan khasnya, mulai dari rujak cingur, pecel semanggi, hingga lontong balap.

Tempat Wisata Sidoarjo yang Wajib Dikunjungi

Harga Akomodasi Surabaya vs Kota di Negara Lain

Jika Surabaya masum ke urutan nomor dua dalam daftar kota yang punya akomodasi termurah, lantas bagaimana dengan kota-kota di negara lain, khususnya negeri tetangga?

Di bawah Surabaya dan Udon Thani, ada Hue, Vietnam. Kota yang merupakan bekas ibukota kekaisaran Dinasti Nguyen ini punya rata-rata tarif kamar sebesar Rp680 ribu.

Kemudian di posisi keempat ada Kuching, Malaysia. Di kota ini, pelancong dapat menikmati suasana wilayah yang menawarkan kombinasi antara keindahan alam yang memukau serta seni dan kerajinan. Di sana, rata-rata tarif kamar adalah Rp776 ribu)

Sementara itu, posisi kelima ditempati oleh Iloilo, Filipina. Kota berjuluk ‘The heart of the country’ itu punya gugusan pulau plus pantai nan cantik, dengan rata-rata tarif kamar sebesar Rp792 ribu.

Data di atas sekaligus menunjukkan bahwa Asia Tenggara punya kota-kota tujuan wisata yang terjangkau. Apakah Kawa GNFI tertarik menyambangi salah satunya?

Surga Tersembunyi di Labuan Bajo yang Wajib Dikunjungi

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini