Produk Dekorasi Rumah Indonesia Bukukan Potensi Transaksi Sebesar Rp4,73M di Taiwan

Produk Dekorasi Rumah Indonesia Bukukan Potensi Transaksi Sebesar Rp4,73M di Taiwan
info gambar utama

Berbagai produk dekorasi rumah Indonesia berhasil mencatat potensi transaksi sebesar USD 295,74 ribu atau setara lebih dari Rp4,73 miliar selama acara Designed Giftionery (DG) Taiwan 2024 yang diadakan pada 18—21 April 2024 di Taipei World Trade Center, Taiwan. Besarnya nilai potensi transaksi tersebut mencerminkan pasar Taiwan yang sangat potensial bagi produk dekorasi rumah Indonesia.

Hadirnya Paviliun Indonesia dalam DG Taiwan 2024 terjadi melalui kerjasama antara Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional dan Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) Taipei.

“Paviliun Indonesia berhasil mencatatkan potensi transaksi sebesar Rp4,73 miliar dan diharapkan akan terus bertambah. Nilai tersebut mencerminkan peluang pasar Taiwan pada produk-produk kreatif Indonesia, khususnya dekorasi rumah,” jelas Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Didi Sumedi dikutip dari keterangan resmi.

13 Perjanjian Kerja Sama Industri Indonesia Sudah Diteken Pada Hannover Messe 2024

Taiwan jadi target pasar potenisal

Paviliun Indonesia, yang menempati kategori home decor, memamerkan beragam produk, termasuk dekorasi rumah, peralatan makan, serta patung dekorasi yang terbuat dari bahan alami.

Ada enam perusahaan yang berpartisipasi dalam Paviliun Indonesia, antara lain PT Canela Megah Jaya, Smartwood, Tadpole, dan PT Mujur Kurnia Ampuh yang meraih predikat Best Design dalam acara penganugerahan Good Design Indonesia. Selain itu, ada juga pelaku usaha yang didukung oleh program pendampingan desain dari Indonesia Design Development Center, seperti PT Aquila Java Natura (Aquiva Gallery) dan CV Blotan Asian Art.

Taiwan menawarkan potensi yang besar bagi produk dekorasi rumah Indonesia. Partisipasi dalam DG Taiwan memberikan kesempatan bagi pelaku industri kreatif untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan penetrasi di Taiwan, sambil juga membuka pintu menuju pasar global.

Indonesia menduduki peringkat keenam sebagai pemasok terbesar produk dekorasi rumah ke pasar Taiwan. Pada tahun 2023, nilai ekspor produk dekorasi rumah Indonesia ke Taiwan mencapai USD 7,72 juta.

Selama periode 2019—2023, tren ekspor produk dekorasi rumah Indonesia ke Taiwan menunjukkan pertumbuhan positif sebesar 20,11 persen. Pertumbuhan yang signifikan ini perlu dipertahankan dengan berbagai strategi, salah satunya melalui partisipasi dalam pameran internasional seperti DG Taiwan 2024.

Pada tahun 2023, total perdagangan nonmigas antara Indonesia dan Taiwan mencapai USD 10,26 miliar. Selama periode lima tahun terakhir (2019—2023), terjadi pertumbuhan positif sebesar 12,30 persen dalam tren perdagangan nonmigas kedua negara.

Nilai ekspor nonmigas Indonesia ke Taiwan pada tahun 2023 mencapai USD 6,41 miliar, sementara nilai impor nonmigas Indonesia dari Taiwan mencapai USD 3,86 miliar pada tahun yang sama. Dengan demikian, Indonesia mencatat surplus perdagangan nonmigas sebesar USD 2,55 miliar.

RI Raih Transaksi Potensial Rp253 Miliar dalam Pameran Mamin di Mesir

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Fazer Mileneo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Fazer Mileneo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini