Microsoft Umumkan Investasi Rp27 Triliun di Indonesia

Microsoft Umumkan Investasi Rp27 Triliun di Indonesia
info gambar utama

Microsoft akan berinvestasi sebesar 1,7 miliar dolar AS atau setara Rp27,6 triliun untuk pembangunan infrastruktur cloud dan artificial intelligence (AI) baru di Indonesia. Chairman sekaligus CEO Microsoft Satya Nadella mengumumkan kabar ini dalam acara Microsoft Build: AI Day di Jakarta Convention Center, Selasa (30/4/2024).

Investasi tersebut akan mengalir selama empat tahun ke depan dan itu termasuk memberikan peluang keterampilan AI untuk 840.000 orang. Nominal dana yang disebutkan Nadella terhitung sebagai investasi tunggal terbesar dalam sejarah 29 tahun Microsoft di Indonesia.

“Investasi yang kami umumkan hari ini mencakup infrastruktur digital, keterampilan, dan dukungan untuk pengembang. Itu akan membantu Indonesia berkembang di era baru ini," tutur Nadella.

Investasi Singapura di Indonesia Tembus Rp884 Triliun

Investasi Microsoft di infrastruktur digital dibangun atas inisiatif Berdayakan Indonesia atau Empower Indonesia yang diumumkan pada Februari 2021. Program ini bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi yang inklusif. Itu termasuk rencana mendirikan wilayah pusat data pertama Microsoft di Indonesia.

Investasi 1,7 miliar dolar AS memungkinkan Microsoft untuk memenuhi permintaan layanan komputasi cloud yang terus meningkat di negara ini. Indonesia juga bisa memanfaatkan peluang ekonomi dan produktivitas yang disajikan oleh teknologi AI terbaru.

"Investasi kami menetapkan tonggak sejarah baru bagi lanskap digital Indonesia. Ini adalah langkah penting untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat talenta dan inovasi digital," ujar Presiden Direktur Microsoft Indonesia, Dharma Simorangkir.

Microsoft dan META Resmi Terlibat dalam Pembangunan IKN

Nadella dalam pidatonya menyoroti peran penting pengembang dalam memanfaatkan AI untuk memenuhi potensi Indonesia sebagai ekonomi digital. Melalui inisiatif baru seperti AI Odyssey, dia berharap dapat membantu 10.000 pengembang Indonesia menjadi ahli materi AI dengan mempelajari keterampilan baru dan mendapatkan kredensial Microsoft.

Di samping itu, Microsoft berkomitmen menyediakan pelatihan keterampilan untuk 84.000 orang yang terdiri dari:

  1. memberikan pendidikan dan pelatihan kejuruan AI kepada siswa melalui program AI TEACH untuk Indonesia;
  2. menghadirkan program Ready4AI&Security untuk kaum wanita dengan peluang dan dukungan membangun karier di bidang keamanan siber;
  3. mengadakan pelatihan bagi anak muda dari komunitas yang kurang terlayani dan terwakili tentang kefasihan AI untuk meningkatkan kemampuan serta kesiapan kerja mereka;
  4. meningkatkan pengetahuan serta keterampilan AI dan teknologi digital untuk karyawan organisasi nirlaba.
Dipamerkan di Kantor Pusat Microsoft, Inilah Drone untuk Petani buatan Mahasiswa Indonesia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini