Mitos Gunung Lanang, Dipercaya sebagai Jelmaan Pria yang Dikutuk karena Cinta

Mitos Gunung Lanang, Dipercaya sebagai Jelmaan Pria yang Dikutuk karena Cinta
info gambar utama

Gunung Lanang yang berlokasi di Desa Mergolangu, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Wonosobo menjadi tempat favorit para wisatawan. Hal ini karena pesona keindahan dari tempat ini yang tak ada duanya.

Tetapi dibalik panorama gunung ini, tersimpan misteri dan mitos yang dipercaya turun temurun oleh masyarakat. Salah satunya adalah masyarakat percaya bahwa Gunung Lanang sebelumnya adalah seorang pemuda yang dikutuk.

Keindahan Gunung Bubut, Gunung Api Purba dari Soreang yang Sudah Lama Mati

Dipercaya oleh masyarakat sekitar pemuda ini dahulu bersikeras mempertahankan cintanya kepada seorang wanita. Tetapi orang tua pemuda itu tak merestui anaknya menikahi perempuan yang dicintainya.

Karena tetap bersikeras, pemuda itu kemudian dikutuk menjadi Gunung Lanang. Sedangkan kekasih dari pemuda itu juga dikutuk bersama menjadi gunung. Bila pemuda itu menjadi Gunung Lanang, sang kekasih menjadi Gunung Wadon.

Lingga dan Yoni

Dinukil dari Solopos, bila melihat secara sekilas, baik Gunung Lanang dan Gunung Wadon seperti lingga dan dan yoni. Ini merupakan simbol dari prasasti kuno yang berbentuk kelamin pria dan wanita.

Bila diartikan ke dalam bahasa Indonesia, Gunung Lanang memiliki arti Gunung Laki-Laki dan Gunung Wadon berarti Gunung Wanita. Hal ini mungkin masih ada kaitannya dengan legenda kedua gunung ini.

Danau Toba Kawasan Memikat dalam Destinasi Pariwisata Superprioritas

“Kemungkinan legenda ini masih ada kaitannya dengan sejarah masyarakat zaman dulu, namun untuk asal mula penamaan gunung ini belum diketahui secara akurat,” jelasnya.

Wisata yang indah

Gunung Lanang memiliki ketinggian 1.102 meter di atas permukaan laut (mdpl). Namun pengunjung sudah bisa menikmati pemandangan indah di ketinggian 600 mdpl. Adanya gardu pandang membuat pengunjung dapat menikmati pemandangan dengan mudah.

“Wisata alam yang baru dibuka, track pendakian lumayan menantang, namun saat tiba pemandangan indah, apalagi pas waktu panorama matahari tenggelam atau sunset nya indah banget. Walau masih perlu pembenahan tapi tetap top banget,” ungkap Eko Sulis, salah satu pengunjung Gunung Lanang.

Mengenal 16 Gunung Berapi Paling Berbahaya di Dunia, Ada Satu dari Indonesia

Faiq Fawazzi menyebutkan ada dua spot yang wajib didatangi saat ke Gunung Lanang. Tetapi katanya perlu nyali agar bisa mencapai tempat ini karena kemiringan dari tangga ini cukup ekstrim dan rawan.

Karena itu dirinya mengingatkan agar para pengunjung hati-hati karena alat-alat keamanan di gunung ini kebanyakan sudah uzur, seperti tali tambang yang sudah keropos dan gampang putus.

“Semua kesulitan saat pendakian terbayarkan saat sampai di puncak,” jelas Faiq.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Kusumo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Kusumo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini