PLN Telah Pastikan Listrik untuk World Water Forum ke-10 akan Siap pada Awal Mei 2024

PLN Telah Pastikan Listrik untuk World Water Forum ke-10 akan Siap pada Awal Mei 2024
info gambar utama

PT PLN (Persero) telah pastikan listrik untuk World Water Forum ke-10 di Bali ini akan siap rampung pada awal Mei 2024. Pada rapat terbatas bersama Badan Intelijen Daerah (Binda) Bali di Denpasar, I Wayan Udayana selaku General Manager PT PLN Unit Induk Distribusi Bali pada Selasa (30/4/2024) telah menyampaikan bahwa sejauh ini PLN telah mencapai persiapan dengan rata-rata telah mencapai 47 persen. I Wayan Udayana juga menegaskan bahwa akan dipastikan siap rampung hingga 100 persen nantinya pada awal.

BIN dan PLN juga menandatangani nota kesepahaman terkait pengawasan sektor kelistrikan pada rapat tersebut. Pengawasan sektor kelistrikan ini khususnya untuk memastikan kelancaran dan keandalan pasokan listrik dengan jaringan komunikasi yang baik hingga tingkat daerah di Bali.

Dikutip dari situs resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Udayana telah mengungkapkan bahwa "Pada setiap pertemuan yang dilakukan oleh pimpinan daerah, umumnya selalu dilaporkan ke kepala BIN dan direktur PLN ,sehingga jalinan kerja sama dengan tujuan pertukaran informasi melalui nota kesepahaman ini memanglah diperlukan." Selasa (30/4/2024).

Baca Juga: Menparekraf: World Water Forum 2024, Kunci Keberlanjutan Wisata Indonesia

I Wayan Udayana juga menjelaskan bahwa Bali menjadi daerah yang penting karena Bali sering menjadi tuan rumah acara berskala internasional serta menjadi etalase dari negara Indonesia. Hal tersebut tentu saja membuat Bali membutuhkan keandalan serta resiko sektor kelistrikan, baik dari pembangkit, transmisi, distribusi, serta ketersediaan infrastruktur pendukung kendaraan listrik.

"Dari sisi kesiapan, PLN telah melakukan upaya-upaya, antara lain disisi energi primer dan pembangkitan, Hari Operasi Pembangkit (HOP) dipastikan dalam kondisi cukup dan aman," jelasnya.

Beliau juga menyatakan sistem kelistrikan di Bali memiliki daya yang mencapai 1.408 megawatt (MW) dengan beban tertinggi 1.107 MW, sehingga masih terdapat sisa cadangan daya sebanyak 21 persen. Pada sisi transmisi juga terus dilakukan pemerilahaan peralatan dan sosialisasi untuk menertibkan layang-layang.

Masa siaga PLN berlangsung dari 15 Mei hingga berakhirnya World Water Forum dengan puncak masa siaga pada 19—20 Mei 2024 tepatnya saat rangkaian World Water Forum berlangsung. Beberapa titik yang menjadi fokus pengamanan, di antaranya yaitu Garuda Wisnu Kencana (GWK) sebagai tempat Gala Dinner diselenggarakan, Bali International Convention Center (BICC) sebagai tempat pembukaan, Bali Turtle Island Development (BTID), Kawasan Taman Hutan Ngurah Rai (Tahura), Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Hotel The Meru, serta 15 hotel menginap di ITDC.

PLN juga telah mempersiapkan Electric Vehicle Charging dengan rincian jumlah Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) Ultra Fast Charging (UFC) sebanyak 12 unit, SPKLU Standard Charging (SC) s 26 unit, dan SPLU 20 unit.

Baca Juga: RI Bakal Usulkan Dana Air Global dalam World Water Forum ke-10 di Bali

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) juga telah pastikan persiapan pengukuran kualitas layanan komunikasi untuk memastikan keandalan jaringan saat rangkaian kegiatan World Water Forum ke-10 ini berlangsung.

Dalam upaya menjaga jaringan telekomunikasi yang lancar dan andal, Kemenkominfo telah berkoordinasi dengan panitia penyelenggara untuk memastikan lokasi-lokasi yang memiliki kualitas layanan kurang optimal.

Perwakilan BIN Bali, Kolonel Agus juga menyatakan siap bekerja sama bersinergi untuk menyukseskan berlangsungnya World Water Forum ke-10 di Bali ini bersama PLN. Kolonel Agus juga menyatakan kerja sama lainnya dalam menjaga keandalan listrik di Bali kedepannya akan siap dilaksanakan.


Referensi:

https://kemenparekraf.go.id/berita/siaran-pers-world-water-forum-2024-listrik-untuk-world-water-forum-ke-10-siap-pada-awal-mei

https://mediaindonesia.com/nusantara/668429/listrik-untuk-world-water-forum-ke-10-siap-pada-awal-mei

https://infopublik.id/kategori/siaran-pers/848144/siaran-pers-world-water-forum-ke-10-kemkominfo-pastikan-kualitas-layanan-komunikasi-yang-andal-di-world-water-forum-ke-10

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

FZ
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini