Mengenal Operasi Puri Agung, Upaya Pengamanan Polri Jelang World Water Forum 2024

Mengenal Operasi Puri Agung, Upaya Pengamanan Polri Jelang World Water Forum 2024
info gambar utama

Kepolisian Republik Indonesia (Polri) akan melakukan Operasi Puri Agung guna mengamankan Bali, menjelang pelaksanaan The 10th World Water Forum 2024.

World Water Forum, menjadi forum global yang mengumpulkan stakeholders untuk berdiskusi dan bertukar pikiran terkait pengelolaan sumber daya air secara berkelanjutan. Termasuk langkah-langkah preventif guna menyelesaikan masalah iklim, polusi, dan climate change yang mengancam ketersediaan serta kelestarian air di masa mendatang.

Perhelatan Internasional yang akan diselenggarakan di Nusa Dua ini, akan dihadiri oleh delegasi dan peserta dari 43 kepala negara, 4 organisasi Internasional, 194 menteri, 50.000 peserta aktif dan 30.000 pengunjung. Peserta Internasional yang terlibat termasuk pula asosiasi Internasional, NGO, media Internasional, kedutaan besar di Indonesia, perguruan tinggi Internasional, dan development partner.

Sementara peserta nasional terdiri atas, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten atau kota, BUMN, BUMD, perguruan tinggi, asosiasi profesi dan konstruksi, NGO atau LSM, dan Swasta. Keterlibatan peserta dalam skala besar ini, menyebabkan keamanan dan kenyamanan akan menjadi faktor krusial dalam mendukung kesuksesan acara World Water Forum 2024 mendatang.

Baca juga: World Water Forum 2024 ke-10, Peluang Besar Bagi Generasi Muda untuk Berperan Aktif

Penyelenggaraan Operasi Puri Agung 2024, yang akan berlangsung selama sepuluh hari, mulai dari tanggal 17 hingga 26 Mei, menjadi bentuk komitmen Polri dalam memberikan pengawalan dan pengamanan penyelenggaraan agenda World Water Forum (WWF) Ke-10 yang akan akan diselenggarakan pada 18—25 Mei 2024.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko yang dikutip dari antaranews.com, mengatakan bahwa Operasi Puri Agung tidak terbatas pada Bali. Namun, juga akan dilakukan di Jawa Timur dan Nusa Tenggara Barat untuk mengimbangi kegiatan ini.

Jajaran Kepolisian pun tidak bekerja sendirian, mereka melakukan kerja sama dan bersinergi dengan Paspampres, TNI, BNPT, BSSN, BNPB, Kementerian atau lembaga, dan stakeholder lainnya. Polri sendiri akan mengerahkan sebanyak 5.791 personel dengan rincian, Mabes Polri sebanyak 2.485 personel, Polda Bali 2.706 personel, Polda Jatim 300 personel, dan Polda NTB 300 personel.

Pendekatan preemtif dan preventif yang didukung kegiatan intelijen, penegakan hukum, siber, interpol, kehumasan, dan bantuan operasi untuk pemeliharaan kamtibmas. Hal ini menunjukkan bahwa Polri memperhitungkan dampak luas acara global tersebut terhadap wilayah di sekitarnya.

Baca juga: Pentingnya Pembentukan Global Water Fund, Gagasan Indonesia dalam World Water Forum 2024

Tak hanya dalam personel, teknologi informasi juga akan dimanfaatkan dalam Operasi Puri Agung untuk memperkuat pengamanan. Kegiatan kehumasan lain juga dilakukan oleh Polri, seperti seperti kegiatan sosialisasi, talk-show, serta langkah untuk membuat dan menyebarkan konten-konten media sosial untuk menggaungkan hajatan akbar The 10th World Water Forum 2024 agar makin dikenal oleh masyarakat secara luas.

Dampak dari upaya pengamanan ini, memberikan sinyal kepada dunia Internasional bahwa Indonesia mampu memimpin dan siap menjadi tuan rumah penyelenggaraan acara The 10th World Water Forum 2024. Mengingat Indonesia merupakan negara ketiga di Asia setelah Jepang dan Korea Selatan yang terpilih sebagai tuan rumah, setelah menang 30 dari 36 suara melawan Roma dan Italia.

Dengan demikian, Indonesia memiliki kesempatan emas untuk menunjukkan komitmen nyata untuk menghadapi tantangan lingkungan dan mampu menggaet kepercayaan Internasional dalam memimpin diskusi forum yang menghadirkan tiga proses tematik, regional, dan politik, serta enam subtema yang sejalan dengan hasil pembahasan Konferensi Air Dunia di New York pada tahun 2023. Terutama terkait permasalahan air dan lingkungan guna mendukung keberlanjutan lingkungan dalam konteks global.

Referensi:

  • https://www.antaranews.com/berita/4083051/polri-siapkan-operasi-puri-agung-untuk-pengamanan-world-water-forum
  • https://www.instagram.com/polsekcikarangselatan/p/C6QOt_xPHqq/?hl=el
  • https://portal.humas.polri.go.id/post/polri-gelar-operasi-puri-agung-2024-amankan-wwf-ke-10-di-bali

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

WO
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini