Zero Delta Q, Solusi Indonesia pada 10th World Water Forum untuk Atasi Banjir

Zero Delta Q, Solusi Indonesia pada 10th World Water Forum untuk Atasi Banjir
info gambar utama

Indonesia sebagai tuan rumah pada gelaran 10th World Water Forum akan mengusulkan konsep Zero Delta Q pada konferensi internasional yang akan diadakan pada 18 hingga 25 Mei 2024 mendatang.

Zero Delta Q merupakan konsep atau kebijakan dari pemerintah dalam upaya mengatasi masalah banjir yang ada di berbagai daerah Indonesia.

Lantas apa sebenarnya yang dimaksud dengan konsep Zero Delta Q tersebut?

Apa Itu Zero Delta Q?

Ilustrasi konsep Zero Delta Q yang diusulkan Indonesia pada 10th World Water Forum untuk atasi banjir © Pexels/Irina Iriser
info gambar

Zero Delta Q merupakan kebijakan tata ruang daerah aliran sungai atau DAS yang menjadi solusi untuk pengendalian banjir yang ada di Indonesia.

Dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 13 Tahun 2017 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 26 Tahun 2008 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Nasional dijelaskan bahwa Zero Delta Q mengharuskan setiap bangunan yang ada di sebuah wilayah tidak boleh mengakibatkan meningkatnya jumlah debit air yang ada di sistem aliran sungai.

Kebijakan Zero Delta Q ini nantinya juga akan menjadi acuan dalam penerbitan izin pemanfaatan ruang di suatu daerah, seperti Izin Mendirikan Bangunan atau IMB dan izin-izin serupa lainnya.

Robertus Haryoto Indriatmoko dalam artikelnya di Jurnal JAI menjelaskan terdapat empat upaya penanggulangan banjir yang terdapat dalam penerapan konsep Zero Delta Q.

Empat upaya penanggulangan banjir yang terdapat dalam penerapan konsep tersebut di antaranya.

1. Mengoptimalkan penampungan air, seperti waduk atau situ untuk mengatur air yang berasal dari hujan.

2. Penerapan sumur resapan sebagai salah satu cara konservasi air tanah.

3. Penataan penggunaan lahan, terasering,
bangunan penahan air, dan penghijauan.

4. Melakukan normalisasi pada saluran drainase.

Penerapan upaya penanggulangan ini dengan baik dan benar diharapkan bisa mengatasi masalah banjir yang ada di suatu daerah.

RI Bakal Pamer Infrastruktur Energi Hijau di World Water Forum ke-10

Pernah Mengurangi Banjir di Bandung

Penerapan konsep Zero Delta Q sendiri diketahui sudah pernah membuahkan hasil untuk mengurangi banjir yang ada di suatu daerah.

Salah satu daerah yang berhasil mengurangi masalah banjir di daerahnya dengan penerapan konsep ini adalah Bandung, Jawa Barat.

Dilansir dari laman InfoPublik, terjadi penurunan genangan air maupun banjir yang terjadi di Kota Bandung pada periode 2019 hingga 2021.

Padahal periode tersebut, khususnya pada 2020 hingga 2021 merupakan salah satu musim hujan terbasah kelima dalam kurun waktu 40 tahun terakhir menurut BMKG.

Pemerintah Kota Bandung menerapkan kebijakan Zero Delta Q dengan membuat sumur resapan dan kolam retensi untuk mengatur aliran air.

Alhasil, penerapan kebijakan ini cukup berpengaruh dalam mengurangi intensitas banjir yang ada di Kota Bandung pada periode waktu tersebut.

Indonesia Beri Gagasan 'Zero Delta Q' di World Water Forum ke-10, Apa Itu?

Diusulkan pada 10th World Water Forum

Penerapan konsep Zero Delta Q yang berpengaruh dalam menanggulangi masalah banjir inilah yang menjadi dasar bagi Pemerintah Indonesia untuk mengusulkan kebijakan ini pada forum 10th World Water Forum.

Hal ini sesuai dengan fungsi 10th World Water Forum yang bisa menjadi wadah bagi setiap negara yang hadir untuk saling bertukar informasi maupun pengalaman terkait pengelolaan bencana melalui tiga proses utama, yaitu tematik, regional, dan politik.

Terlebih 10th World Water Forum memiliki pembahasan yang sesuai dengan konsep yang akan diusulkan oleh Pemerintah Indonesia tersebut.

Pada gelaran konferensi 10th World Water Forum yang akan diadakan di Nusa Dua, Bali, terdapat empat fokus utama yang akan dibahas pada forum tersebut, yakni konservasi air, air bersih dan sanitasi, ketahanan pangan dan energi, serta mitigasi bencana alam.

10th World Water Forum diharapkan bisa memberikan dampak yang konkret, khususnya dalam hal pengelolaan air yang ada di dunia.

Sumber:
- https://infopublik.id/kategori/siaran-pers/849098/siaran-pers-world-water-forum-ke-10-kebijakan-zero-delta-q-jadi-gagasan-indonesia-di-world-water-forum-ke-10
- Indriatmoko, R. H. (2010). "Penerapan Prinsip Kebijakan Zero Delta Q Dalam Pembangunan Wilayah." Jurnal JAI, 6 (1), 2010, hal. 77-83.
- https://www.infopublik.id/kategori/nusantara/520759/gunakan-zero-delta-q-policy-tren-banjir-di-kota-bandung-menurun?show=

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

IA
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini