Bayi Orang Utan Kalimantan Lahir di Florida lewat Operasi Caesar

Bayi Orang Utan Kalimantan Lahir di Florida lewat Operasi Caesar
info gambar utama

Seekor bayi orang utan Kalimantan lahir di Kebun Binatang Busch Gardens Tampa Bay, Florida, Amerika Serikat (AS). Bayi betina itu lahir dari induk bernama Luna melalui operasi caesar pada Sabtu (13/4/2024).

Busch Gardens mengumumkan, bayi orang utan Kalimantan ini terlahir dengan berat tiga pon lebih empat ons atau 1,3 kilogram. Persalinan sang ibu dipimpin oleh tim profesional medis dan zoologi dari berbagai organisasi untuk memastikan ibu beserta bayinya menerima standar perawatan tertinggi.

Otoritas kebun binatang menyampaikan, pascamelahirkan, Luna menghabiskan beberapa waktu untuk memulihkan diri setelah operasi di bawah perawatan 24 jam di rumah orang utan Busch Gardens Tampa Bay. Kini, Luna dan bayinya telah bersatu kembali, tetapi mereka tetap diawasi dengan ketat oleh tim perawatan hewan.

2 Harimau Sumatra Lahir di Kebun Binatang Amiens Metropole, Prancis

Saat ini, International Union for Conservation of Nature (IUCN) memasukkan orang utan Kalimantan ke dalam daftar spesies terancam punah. Kelahiran bayi yang baru berusia satu bulan ini menjadi angin segar untuk menyelamatkan orang utan dari kepunahan.

"Tonggak sejarah dalam upaya konservasi orang utan," kata petugas Busch Gardens dalam keterangan resmi, dikutip Senin (14/5/2024).

Penambahan pasukan orang utan termasuk bagian dari partisipasi Busch Gardens Tampa Bay dalam program Rencana Kelangsungan Hidup Spesies dari Asosiasi Kebun Binatang dan Akuarium. Program ini bertujuan untuk mengelola populasi spesies tertentu dalam fasilitas terakreditasi Association of Zooz Aquariums (AZA), seperti Busch Gardens Tampa Bay, dan mendidik para tamu tentang pengelolaan lingkungan serta peran konservasi.

Bayi Gajah Sumatra Lahir di PKG Sebangau Riau

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini