RI Bakal Buka Penerbangan Thailand-Yogyakarta demi Umat Buddha ASEAN

RI Bakal Buka Penerbangan Thailand-Yogyakarta demi Umat Buddha ASEAN
info gambar utama

Pemerintah Indonesia berencana membuka penerbangan langsung dari Thailand ke Yogyakarta untuk memudahkan umat Buddha se-Asia Tenggara beribadah ke Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmojo mengungkapkan, langkah tersebut bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman).

Hal itu juga seiring dengan plan PT Aviasi Pariwisata atau InJourney untuk memperbaiki tata kelola di destinasi pariwisata super prioritas (DPSP) Borobudur.

“Kita akan melakukan penerbangan langsung dari Thailand menuju Yogyakarta untuk memberi kemudahan bagi umat Buddha di Thailand dan wilayah ASEAN untuk dapat beribadah di Borobudur bisa lebih mudah dan lancar,” papar Tiko dalam konferensi pers penyambutan Bhikkhu Thudong di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Selasa (14/5/2024).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno berharap, penambahan rute penerbangan langsung ke Indonesia bisa terbuka dari Laos, Vietnam, dan Thailand, yang didominasi pemeluk agama Buddha. Dengan begitu, jumlah wisman umat Buddha yang datang ke Candi Borobudur saat Hari Raya Waisak bisa meningkat.

Indonesia Kini Bisa Buka Penerbangan ke Seluruh Bandara Arab Saudi

Pada saat yang sama, Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney Maya Carolina Watono mengatakan, untuk mewujudkan rencana itu, pihaknya telah berdialog dengan 30 agen perjalanan di Thailand untuk mempromosikan wisata spiritual atau pilgrim trip. Dia memperkirakan, perjalanan wisata spiritual bakal dimulai dalam tiga bulan ke depan menggunakan pesawat carteran dari Thailand ke Yogyakarta melalui Bandara Yogyakarta International Airport (YIA).

“Kita harapkan ini bisa mendatangkan wisatawan mungkin minimum 1 sampai 2 juta untuk wisatawan pilgrim spiritual ke Candi Borobudur," jelas Maya.

Kemarin, TMII sukses menggelar penyambutan dan pelepasan Bhikkhu Thudong yang berjalan kaki dari India untuk merayakan Hari Raya Waisak 2024 di Candi Borobudur. Sebanyak 40 Bhikkhu atau biksu telah memulai perjalanan (Thudong) dari TMII menuju Taman Wisata Candi Borobudur, di Magelang, Jawa Tengah, untuk merayakan Hari Tri Suci Waisak 2568 BE.

Maskapai Terbaik India Buka Penerbangan Nonstop New Delhi-Denpasar

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini