Gen Z Jadi Fokus Baru di Kaliwatu Group, Kelompok Mahasiswa Komunikasi UMM Tawarkan Solusi

Gen Z Jadi Fokus Baru di Kaliwatu Group, Kelompok Mahasiswa Komunikasi UMM Tawarkan Solusi
info gambar utama

Dunia pendidikan dan industri pariwisata kembali bersinergi dalam sebuah kolaborasi inspiratif. Kelompok mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang tergabung dalam kelompok Eustacio Creative bekerja sama dengan Kaliwatu Group untuk merancang program rangkaian event yang menarik dan inovatif.

Mereka menerapkan praktik R&D (research and development) dengan tujuan menemukan masalah baik internal maupun eksternal. Setelah itu, mereka akan menghadirkan dan menawarkan solusi yang komunikatif kepada masyarakat melalui media event management.

Selanjutnya, tim akan memaparkan hasil penemuan riset mereka kepada Kaliwatu Group dan para dosen mereka yang bertepatan dengan Penilaian Tengah Semester (PTS) genap. Kegiatan pemaparan tersebut dikenal dengan istilah “pitching”.

Kegiatan pitching yang diadakan pada 11 Mei 2024 di Meeting Room Kaliwatu Group menjadi wadah bagi para mahasiswa untuk mempresentasikan ide-ide kreatif mereka dan mendapatkan penilaian dari dosen ilmu komunikasi UMM dan perwakilan dari Kaliwatu Group.

Kegiatan pitching ini merupakan lanjutan agenda dari proses pembelajaran mata kuliah Praktikum Public Relations 3. Dosen mata kuliah ini, Jamroji, S.Sos, M.Comms, dan Maharina Novia Zahro, M.Ikom, menekankan pentingnya kemampuan mahasiswa dalam merancang dan menjelaskan program event yang menarik dan sesuai dengan target audience.

Side Event World Water Forum (WWF) ke-10 2024 di Bali Mendapat Pengawalan Terbaik

"Melalui kolaborasi ini, mahasiswa diharapkan dapat menerapkan ilmu yang telah dipelajari di kelas dan mendapatkan pengalaman praktis di bidang public relations," ujar Jamroji.

Kelompok Eustacio Creative menunjukkan antusiasme mereka dalam mempresentasikan ide-ide kreatif untuk program rangkaian event Kaliwatu Group. Mulai dari pra event, main event, hingga pasca event, ide-ide mereka mencerminkan pemahaman mereka tentang target audience dan kebutuhan event yang akan diadakan.

Ditambah, kelompok mahasiswa tersebut juga menunjukkan kedekatan kepada Kaliwatu Group karena perusahaan itu sangat terbuka akan kehadiran dari pihak eksternal apabila pihak tersebut memberikan dampak yang bermanfaat untuk Kaliwatu Group.

Hal tersebut dimanfaatkan dengan baik oleh Eustacio Creative untuk memberikan dampak positif dengan cara sering berkunjung dan mengobrol dengan para tim dari Kaliwatu Group.

Kolaborasi antara UMM dan Kaliwatu Group ini disambut baik oleh kedua belah pihak. Agus Misnan dan Anggara Jaya Wardhana, perwakilan dari Kaliwatu Group, mengapresiasi ide-ide kreatif para mahasiswa dan potensi kolaborasi yang lebih luas di masa depan.

"Dengan program yang dibuat oleh teman-teman Ilmu Komunikasi UMM, kami optimis dapat membuka pangsa pasar baru, yaitu Gen Z," ujar Agus.

Lebih lanjut lagi, Anggara Jaya Wardhana selaku kepala divisi marketing Kaliwatu Group juga mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada kelompok Eustacio Creative yang telah hadir dan membantu Kaliwatu Group dalam mengoptimalkan media sosial dan aspek marketing lainnya.

"Kami bersyukur atas masukan dan saran dari para mahasiswa terkait media sosial. Hal ini akan membantu kami dalam meningkatkan jangkauan dan engagement dengan target audience," katanya.

Kolaborasi ini diharapkan menjadi tonggak awal dimulainya kerja sama yang erat dan produktif antara Program Studi Ilmu Komunikasi UMM dan Kaliwatu Group. Melalui kolaborasi ini, para mahasiswa tidak hanya mendapatkan pengalaman praktis yang berharga, tetapi juga dapat berkontribusi dalam mengembangkan strategi komunikasi dan program yang inovatif untuk Kaliwatu Group.

World Water Forum 2024, Indonesia Siapkan Beragam Side Event World Water Forum ke-10

Ditambah dengan kegiatan ini, dapat memberikan tambahan stakeholder yang dimiliki oleh kedua belah pihak. Selain itu, Kolaborasi ini menjadi bukti nyata sinergi antara bidang pendidikan dan industri pariwisata dalam membangun masa depan yang lebih produktif dan inovatif.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

EC
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini