International Dance Competition Line Dance 2024 di Bali Perkuat Pariwisata Indonesia

International Dance Competition Line Dance 2024 di Bali Perkuat Pariwisata Indonesia
info gambar utama

Usai pandemi Covid-19 melandai, perlahan tetapi pasti dunia pariwisata Indonesia kembali bangkit. Indonesia bahkan berhasil menyelenggarakan sejumlah acara berlevel internasional.

Perhelatan International Dance Competition Line Dance 2024 yang berlangsung pada 18—19 Mei 2024 di Bali, menjadi gelaran yang turut memperkuat kebangkitan pariwisata Indonesia.

Sejumlah dancer dalam negari dan luar negeri, ikut berpartisipasi dalam event internasional ini. Pelaksanaan kompetisi ini dilangsungkan di Prama Sanur Beach, Bali.

Hari Tari Sedunia 29 April, Simak Sejarah dan Maknanya!

Dukungan Kemenparekraf

Penyelenggaraan International Dance Competition Line Dance 2024 di Bali ini, mendapat dukungan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan dukungannya atas penyelenggaraan kompetisi dance ini.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Biro Komunikasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif I Gusti Ayu Dewi Hendriyani melalui rilis siaran persnya, pada Senin (13/5/2024).

Kompetisi Line Dance 2024 di Bali ini mendapatkan sambutan antusias secara luas dan diminati tak kurang dari 180 dancer yang berasal dari Indonesia dan berbagai negara lain.

“Ini sangat mendukung wisata kita,” ungkap Menparekraf Sandiaga dalam “The Weekly Brief With Sandi Uno”.

International Dance Competition Line Dance 2024 ini melibatkan sebanyak 180 peserta yang berasal dari dalam negeri (Indonesia) serta dancer asal Malaysia, Korea, Jepang, Thailand, hingga Belanda.

Rangkuk Alu, Tarian Tradisional Dari Manggarai, Flores, NTT

Perkuat Ekosistem Pariwisata Indonesia

Menparekraf menaruh harapan bahwa penyelenggaraan International Dance Competition Line Dance 2024 di Prama Sanur Beach (Bali) ini dapat membangkitkan perekonomian daerah.

Selain itu menurut Sandiaga, perhelatan event ini akan mampu mengkreasi lapangan kerja dan meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara ke Indonesia, khususnya Bali.

Hal ini mendapat penegasan langsung dari Direktur Event Nasional dan Internasional Kemenparekraf/Baparekraf, Fransiskus Handoko yang hadir secara daring.

Fransiskus Handoko menambahkan bahwa kompetisi Line Dance bertaraf internasional ini akan memberikan kesempatan kepada para dancer Indonesia untuk mengembangkan potensinya lebih jauh.

Para dancer asal Indonesia mendapatkan kesempatan untuk melakukan kolaborasi dengan para dancer yang berasal dari belahan dunia lain yang mengikuti kompetisi ini.

Menurut Frans, tentu saja perhelatan ini akan berkontribusi dalam hal memperluas jaringan profesional dan membuka peluang-peluang untuk saling menginspirasi.

Sektor Pariwisata Kian Membaik, Kunjungan Wisatawan Melampaui Target

Promosi Seni dan Budaya Tradisional Indonesia

Berkaitan dengan gelaran tersebut, Ketua Umum International Dance Competition Line Dance 2024, Risma Yuliana, dalam rilis oleh Kemenparekraf menyampaikan bahwa persiapan acara yang dilaksanakan di Bali ini sudah mencapai 100 persen.

“Alhamdulillah peserta sebagian sudah datang hari ini, sekalian agenda jalan-jalan dan mereka menikmati pariwisata di Bali dan Labuan Bajo,” ujar Risma Yuliana.

Sementara itu Ketua Bidang Organisasi International Dance Competition Line Dance, Andy Arthur, menyampaikan misi lain dari penyelenggaraan event ini.

Menurut Andy Arthur, kompetisi line dance yang diikuti peserta dari berbagai negara ini juga sebagai cara untuk mempromosi dan mengenalkan seni dan budaya tradisional yang dimiliki Indonesia kepada dunia.

“Kami ini yang memperkenalkan ke dunia, setiap kali Bu Risma pergi ke kejuaran di Jepang, Korea, atau Belanda kami selalu memperkenalkan tarian Indonesia,” kata Andy.

Para penonton di mancanegara tersebut, lanjut Andy, sangat-sangat kagum ada begitu banyak tarian di Indonesia. Luas sekali, setiap daerah memiliki tariannya masing-masing yang sangat khas.

Sumber:
kemenparekraf.go.id

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AK
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini