Menelusuri Keindahan Wayang di Museum Wayang Banyumas

Menelusuri Keindahan Wayang di Museum Wayang Banyumas
info gambar utama

Kabupaten Banyumas merupakan salah satu kabupaten yang berada di wilayah barat Provinsi Jawa Tengah. Selain menawarkan wisata alamnya yang menyegarkan karena berada di kaki Gunung Slamet, tempat ini juga memiliki berbagai destinasi wisata unik yang layak untuk dikunjungi oleh Kawan GNFI.

Salah satu destinasi yang sayang untuk dilewatkan adalah wisata sejarah. Kabupaten Banyumas mempunyai beberapa destinasi wisata yang kental akan nilai-nilai sejarah dan budaya, salah satunya adalah Museum Wayang Sendhang Mas. Museum ini menyimpan dan memamerkan berbagai jenis wayang, salah satu seni pertunjukan tradisional yang ikonik di Indonesia.

Untuk berkunjung ke Museum Wayang Sendhang Mas atau biasa dikenal dengan Museum Wayang Banyumas, kawan hanya perlu membayar biaya masuk sebesar Rp2.000 per orang.

Museum ini menerima kunjungan setiap hari. Untuk hari Senin sampai Sabtu, museum beroperasi dari pukul 09.00 sampai 15.00 WIB. Sementara jika berkunjung di hari Minggu, museum tutup lebih awal 30 menit alias hanya beroperasi sampai pukul 14.30 WIB saja.

Asal Mula Dibangunnya Museum Wayang

Dinukil dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, Museum Wayang Sendhang Mas adalah museum khusus yang dibangun atas gagasan Soepardjo Roestam (Gubernur Jawa Tengah tahun 1974-1982) dan para sesepuh di Banyumas kala itu. Museum ini dibangun pada tahun 1982 dan kemudian diresmikan pada 31 Desember 1983.

Nama Sendang Mas merupakan singkatan dari “Seni Pendalangan Banyumas”. Penamaan ini dilakukan guna menegaskan bahwa Wayang Gagrag Banyumasan berbeda dengan jenis wayang yang lain. Bangunan museum dahulunya merupakan ruangan Paseban, yaitu sebutan tempat pertemuan untuk tamu Bupati.

Sumber lain mengatakan bahwa ruangan tersebut pada zaman dahulu ditempati oleh para dalang yang berasal dari Banyumas dan sekitarnya.

Museum ini berada di komplek pusat pemerintahan Banyumas zaman dulu yang saat ini telah digunakan menjadi kantor pemerintahan Kecamatan Banyumas. Jika kawan berkunjung dari arah kota Purwokerto, maka perlu menempuh jarak kurang lebih 15 KM ke arah timur. Lokasi tepatnya berada di Jalam Budi Utomo No. 1, Sudagaran, Banyumas.

Mengunjungi Museum BRI di Purwokerto, Melihat Sejarah Perbankan Indonesia

Koleksi di Museum Wayang Banyumas

Seperti namanya, museum ini menyimpan berbagai koleksi pewayangan. Tidak hanya wayang gagrag Banyumasan, di Museum Wayang Banyumas juga tersimpan wayang gagrag Surakarta, Yogyakarta, juga Pesisiran.

Beberapa koleksinya di antaranya adalah Wayang Kulit Bebel, Wayang Kulit Phulwa, Wayang Kurusil, Wayang Potehi, Wayang Golek, Wayang Suket, dan berbagai koleksi wayang lain yang sangat beragam.

Di samping itu, Museum Wayang Sendhang Mas Banyumas juga mengoleksi benda-benda non wayang yang masih berkaitan dengan pewayangan. Diantaranya adalah peralatan gamelan, alat pembuatan wayang, benda pusaka, dan juga barang-barang antik.

Baru-baru ini, melalui akun Instagram @museum_wayangbanyumas diketahui Museum Wayang Banyumas telah menambah hal baru yang semakin menambah daya tarik pengunjung, yakni adanya penayangan film animasi wayang pendek yang berjudul “Bendung Serayu”.

Film tersebut menceritakan tentang peperangan antara Kurawa dan Pandawa akibat banjir dari pembangunan Bendungan Serayu. Untuk cerita lebih detailnya, Kawan harus mengunjungi langsung museum ini, ya!

Cerita Batu Mulia dari Museum Geologi Bandung yang Diberi Nama oleh Ratu Belgia

Jika Kawan berkunjung ke Banyumas, tidak ada salahnya untuk mencoba mengunjungi tempat yang satu ini. Terkhusus bagi kawan yang tertarik dengan seni dan tradisi di Indonesia.

Dengan koleksinya yang beragam, Museum Wayang Banyumas tidak hanya menyajikan hiburan yang memanjakan mata, tetapi juga pembelajaran serta pengetahuan tentang warisan budaya di Nusantara.

Sumber:

https://www.instagram.com/reel/C6sHYRIPw_2/?igsh=NDl4aHkzdmVkcDM2

https://radarbanyumas.disway.id/read/94031/yuk-kunjungi-museum-wayang-sendang-mas-banyumas

https://dolanbanyumas.banyumaskab.go.id/objek_wisata/detail?o=museum-wayang-sendhang-mas

https://museum.kemdikbud.go.id/museum/profile/Museum%20Wayang%20Banyumas

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AF
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini