Makna Warna Ungu, Bukan Cuma Dianggap Warna Janda!

Makna Warna Ungu, Bukan Cuma Dianggap Warna Janda!
info gambar utama

Setiap warna punya artinya masing-masing. Jika seseorang melihat warna tertentu, maka persepsi tertentu pun akan muncul, yang mana inilah salah satu efek adanya pemaknaan atas warna tersebut.

Warna ungu pun demikian. Ada arti tertentu yang terkandung dalam warna ungu. Perlu diketahui pula tentu saja manusia sendiri yang memberikan makna tersebut.

Dalam kebudayaan Indonesia, warna ungu kerap digunakan dalam berbagai hal. Misalnya saja, Kediri punya pakaian adat yang disebut kediren, di mana pakaian ini berwarna dasar ungu. Masyarakat Gorontalo juga mengenal empat warna adat di mana ungu adalah salah satunya, di samping merah, kuning, dan hijau.

Di kancah olahraga Tanah Air, sejumlah klub juga menggunakan ungu sebagai warna tim. Klub sepak bola Persita Tangerang dan PSGC Ciamis adalah contohnya.

Bagi masyarakat Indonesia, ada yang menganggap bahwa ungu adalah warna yang melambangkan janda. Konon, ungu mencerminkan kesedihan para perempuan yang ditinggalkan oleh suaminya. Namun, ini bisa dibilang hanyalah mitos belaka.

Lantas apa makna warna ungu? Berikut ulasannya.

13 Macam-Macam Warna Ungu dan Kode Warnanya

Makna Warna Ungu

Warna ungu ternyata punya makna yang berkaitan dengan spiritualitas dan imajinasi. Menurut Mita Purbasari dan R.A. Diah Resita I. K. Jakti dalam jurnal Humaniora, makna ini membuat warna ungu dapat merangsang imajinasi dan mengilhami cita-cita yang tinggi.

Lebih lanjut lagi, ungu dianggap sebagai warna yang introspektif. Artinya, warna ini mampu menghubungkan manusia dengan pikiran yang lebih dalam.

Ada satu hal penting yang perlu diketahui, yakni kategorisasi warna ungu. Ternyata, warna ungu ada beragam jenisnya, mulai dari lavender, lilac, indigo, dan violet (nila). Nah, setiap jenis warna ungu pun punya maknanya sendiri.

Secara umum, ungu termasuk warna yang tidak banyak digunakan. Terlalu banyak menggunakan ungu kebiruan dianggap dapat menciptakan mood depresi. Sementara itu, jika warna ungu kemerahan yang terlalu banuam dipakai, maka akan timbul kesan “murahan”.

Kendati demikian, makna warna ungu bisa berbeda di setiap kebudayaan. Seperti halnya sebagian masyarakat Indonesia yang menganggap ungu adalah lambang janda, masyarakat belahan dunia lain juga punya pemaknaannya sendiri terhadap warna ini. Seperti masyarakat barat yang menjadikan ungu sebagai simbol kemewahan dan status sosial yang tinggi, karena dulu hanya orang-orang tertentu yang bisa memakai pakaian berwarna ungu.

Seragam Haji Terbaru: Warna Ungu, Bermotif Arum Sari, Ada Burung Garuda

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini