Tembus 50.000 dan Lewati Ekspektasi, World Water Forum ke-10 Diikuti Peserta Terbanyak

Tembus 50.000 dan Lewati Ekspektasi, World Water Forum ke-10 Diikuti Peserta Terbanyak
info gambar utama

Penyelenggaraan World Water Forum (WWF) ke-10 2024 yang berlangsung pada 18—25 Mei 2024 di Nusa Dua (Bali), menuai capaian yang mengagumkan dari sisi keikutsertaan peserta. Gelaran ini berhasil menghadirkan peserta yang melewati ekspektasi dan mendapatkan pujian internasional.

Berdasarkan catatan dari berbagai sesi panel dan diskusi, hingga Rabu (22/5/2024) terdapat jumlah peserta yang menembus angka 50.000 orang. Jumlah ini masih akan bertambah seiring rangkaian agenda yang akan berlangsung hingg hari terakhir.

World Water Council (Dewan Air Dunia) menyatakan bahwa sejak perhelatan Forum Air Dunia pertama pada 1997 di Maroko, penyelenggaraan World Water Forum di Bali, Indonesia, merupakan forum terbaik dalam rentang 30 tahun terakhir.

Deretan Negara yang Menjadi Perwakilan World Water Forum

Apresiasi Internasional

Berbagai pihak termasuk World Water Council, menyampaikan apresiasi tinggi pada gelaran Forum Air Dunia ini. Gelaran dengan partisipasi peserta yang menembus 50.000 orang ini, dianggap berlangsung dengan sangat baik dan melampaui ekspektasi.

Jumlah total yang hadir dalam World Water Forum (WWF) 2024 Bali ini berasal dari berbagai kalangan. Mulai dari pejabat-pejabat tinggi berbagai negara, para delegasi, hingga peserta. Selain itu, dihadiri pula oleh jurnalis dari dalam dan luar negeri, exhibitor, pendukung acara, dan tentu saja panitia.

Informasi progres peserta ini dikemukakan oleh Staf Ahli Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Endra S. Atmawidjaja dalam jumpa pers yang berlangsung pada Rabu (23/4/2024) bertempat di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC).

Endra menyampaikan bahwa jumlah negara yang terlibat dalam perhelatan ini tidak kurang dari 160 negara. Sementara itu, ada sebanyak 133 negara yang menandatangani dan menyampaikan country statement. Capaian ini sangat membanggakan bagi Indonesia dan merupakan hasil kerja semua pihak.

Delegasi World Water Forum ke-10 Terkesan dengan Keindahan Pulau Bali

Semarak Side Event

Tingkat partisipasi yang tinggi dan melampaui ekspektasi dalam perhelatan World Water Forum (WWF) ke-10 2024 ini tidak semata-mata disebabkan karena kontribusi yang berasal dari rangkaian pertemuan utama.

Menurut Endra, antusiasme keikutsertaan juga disebabkan oleh kesemarakan berbagai kegiatan side event. Acara utama Forum Air Dunia ini didukung oleh side event seperti seminar, diskusi panel, fair and expo inovasi pengelolaan air dari berbagai negara, hingga acara dialog publik.

Berbagai kegiatan yang dirancang untuk melibatkan berbagai pihak terkait ini, menjadi suguhan yang memberikan daya tarik. Setiap agenda mengundang perhatian dan kehadiran peserta dari kalangan akademisi, mahasiswa, peneliti, delegasi, hingga organisasi swadaya masyarakat.

Endra menyampaikan bahwa pihaknya sangat terima kasih kepada para awak media turut membangkitkan antusiasme ini. Selama ini media terus-menerus menyampaikan sosialisasi kepada masyarakat berkenaan dengan berbagai hasil dari Forum Air Dunia di Bali ini.

World Water Forum 2024, Indonesia Siapkan Beragam Side Event World Water Forum ke-10

Edukasi Sejak Dini

Kegiatan dengan skala internasional dan menjadi kebanggaan ini, dinilai sangat penting. Itu sebabkan dalam gelaran ini penyelenggara turut melibatkan para pelajar, mulai dari level SD hingga SMA, untuk meramaikannya.

Para pelajar tersebut diundang untuk menghadiri acara-cara tertentu di World Water Forum (WWF) ke-10 2024 sebagai wujud pemberian edukasi. Hal-hal mengenai tata kelola air yang baik, selayaknya disampaikan sejak usia dini.

Isu mengenai pengelolaan air ini dipandang sangat penting untuk diperkenalkan sejak awal. Dengan demikian permasalahan mengenai air sudah diketahui dan dipahami oleh generasi muda sejak dini.

Sumber:
https://media.worldwaterforum.org/id/contents/siaran-pers-660047517afb1/siaran-pers-world-water-forum-ke-10-peserta-terbanyak-penyelenggaraan-world-water-forum-di-bali-melewati-ekspektasi-664efd838e22d

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AK
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini