Persib Juara Liga 1, Perjuangan Bangkit dari Keterpurukan Itu Akhirnya Berbuah Manis

Persib Juara Liga 1, Perjuangan Bangkit dari Keterpurukan Itu Akhirnya Berbuah Manis
info gambar utama

Persib Bandung jadi juara Liga 1 2023-2024. Inilah buah dari perjuangan Maung Bandung yang bangkit dari keterpurukan pada musim ini.

Persib mengunci gelar juara setelah mengalahkan Madura United dalam laga final championship series leg kedua di Stadion Gelora Bangkalan Madura pada Jumat (31/5/2024). Persib menang dengan skor 3-1

Hasil itu membuat Persib digdaya atas Madura United dengan skor agregat 6-1. Sebelumnya, mereka menang telak 3-0 dalam laga leg pertama di Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung pada Minggu (26/05/2024).

Satoru Mochizuki dan Kemenangan Pertamanya bersama Timnas Putri Indonesia

Bangkit dari Keterpurukan

Persib menjalani Liga 1 musim ini dengan cukup dramatis. Dari yang awalnya terpuruk, anak-anak asuh Bojan Hodak akhirnya perlahan bangkit hingga akhirnya menjadi juara.

Awalnya, Persib menyongsong musim ini di bawah asuhan Luis Milla. Bermodal pelatih beken dan skuad yang berkualitas, Persib mengusung misi untuk terus memetik poin maksimal dari satu laga ke laga lainnya.

Nyatanya, Persib justru terseok-seok. Dalam 3 laga pertama, Persib selalu meraih hasil imbang. Mereka pun harus berpisah dengan Luis Milla saat kompetisi baru berjalan tiga pekan. Sebagai penggantinya, manajemen mendatangkan Bojan Hodak sebagai pelatih baru.

Kondisi Persib saat awal-awal Hodak baru datang memang tak bagus. Di klasemen, mereka sempat terperosok ke peringkat ke-16, jauh dari posisi empat besar yang diperebutkan untuk melaju ke championship series.

Di bawah besutan Hodak ,Persib akhirnya meraih kemenangan perdananya pada pekan kelima saat mereka mengalahkan Persik Kediri 2-1 pada Juli 2023. Dari sana, performa Persib secara perlahan meningkat hingga kemudian kemenangan-kemenangan berikutnya pun datang.

Beberapa kemenangan pun diraih dengan skor telak, seperti saat Persib menekuk Persita Tangerang 5-0 dan RANS Nusantara 4-0. Tak hanya itu, Persib juga tak terkalahkan atas rivalnya, Persija Jakarta. Saat melawan Persija, Persib meraih hasil imbang 1-1 dan kemenangan 2-1.

Secara bertahap, Persib naik posisi di klasemen. Pada akhir regular series, mereka duduk di peringkat kedua dan berhak melaju ke championship series. Dengan koleksi 62 poin dari 16 kali menang, 14 kali imbang, dan hanya 4 kali kalah. Persib hanya kalah unggul dari Borneo FC yang mengoleksi 70 poin.

Di championship series, perjalanan Persib terbilang tak menemui kesulitan berarti. Menang agregat 4-1 di semifinal, klub kebanggaan bobotoh ini pun kemudian menyajikan pemandangan yang disaksikan para pecinta sepak bola Tanah Air malam ini: Mengalahkan Madura United di final dan menjadi juara.

Wahai Timnas Indonesia, Siap Hajar Vietnam Lagi Akhir Tahun Ini?

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini