Burung-burung di Jagat Satwa Nusantara yang Memesona Presiden Jokowi dan Cucunya

Burung-burung di Jagat Satwa Nusantara yang Memesona Presiden Jokowi dan Cucunya
info gambar utama

Pada Sabtu (8/6), siang hari, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meluangkan waktunya untuk mengunjungi Jagat Satwa Nusantara. Hal ini dilakukan di tengah hari liburnya sebagai Presiden Republik Indonesia.

Dalam kunjungan ini, Presiden Jokowi menikmati suasana alam dan berbagai jenis satwa burung endemik Indonesia didampingi oleh Ibu Negara, Iriana Joko Widodo, serta dua cucu mereka, Jan Ethes dan La Lembah.

Jangan Menutup Mata, Hak Hidup Juga Melekat pada Tumbuhan dan Hewan

Dalam suasana akhir pekan yang santai, Presiden Jokowi bersama keluarga memulai kunjungan mereka dengan menjelajahi area Taman Burung Jagat Satwa Nusantara. Jan Ethes dan La Lembah tampak antusias melihat berbagai jenis burung.

Beberapa burung di tempat ini bebas terbang di lingkungan yang menyerupai habitat aslinya. Mereka juga mendapatkan penjelasan edukatif mengenai jenis-jenis burung yang ada, habitat asli, dan pentingnya upaya konservasi.

Mengunjungi berbagai anjungan

Sepanjang perjalanan, rombongan Presiden Jokowi dan keluarga disuguhi beragam koleksi bangunan rumah adat yang termasuk dalam area anjungan daerah dari 38 Provinsi. Rombongan terlihat antusias mendengar penjelasan pemandu.

“Tadi sih, dengan Bapak (Presiden) kita menceritakan bahwa di sini dari 38 provinsi kami punya 33 anjungan daerah, kemudian kita punya 17 museum dan 17 wahana rekreasi. Selama perjalanan saya menjelaskan satu per satu yang dilalui oleh Bapak Jokowi baik itu anjungan dan wahana,” kata Indah, pemandu wisata TMII yang mendampingi Presiden dan Keluarga yang dimuat Biro Pers Sekretariat Presiden RI.

64 Ekor Burung yang Terancam Punah Dilepasliarkan Demi Jaga Ekosistem Kota Jakarta

Selain anjungan, Indah mengakui rombongan Presiden dan keluarga sangat antusias melihat berbagai jenis burung di TMII. Rombongan ini juga sempat melihat birdshow yang jadi pertunjukan spesial di Taman Burung.

“Taman burung sendiri kita totalnya ada 218 spesies dengan lebih dari 2.000 ekor. Dan tadi Bapak juga sangat mengagumi sekali dengan birdshow-nya ada burung elang dan juga yang lainnya,” kata Indah.

Berinteraksi

Selama kunjungan, Presiden Jokowi dan Iriana turut berinteraksi dengan para pengunjung lainnya. Keluarga Presiden juga berkesempatan melakukan banyak interaksi dengan satwa, mulai dari berfoto bersama hingga melihat Bird Presentation langsung, yang menjadi momen berkesan bagi Jan Ethes dan La Lembah.

Presiden Jokowi terlihat antusias dan mengapresiasi upaya konservasi serta edukasi yang dikelola oleh PT Dyandra Mitra Indah (Jagat Satwa Nusantara) untuk perkembangan wisata edukasi di Taman Burung ini. Antusiasme para pengunjung yang hadir turut menambah kehangatan dan kebahagiaan dalam kunjungan tersebut.

130 Ekor Ikan Dilepas di Taman Sundai Lubang Buaya, Tambah Keragaman Hayati Kota

“Kunjungan Presiden Jokowi ke Jagat Satwa Nusantara menegaskan pentingnya dukungan pemerintah terhadap upaya konservasi dan pendidikan lingkungan. Tempat ini menjadi contoh nyata bagaimana konservasi dan rekreasi dapat berjalan beriringan, memberikan manfaat ganda bagi masyarakat dan alam,” ucapnya.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Kusumo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Kusumo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini