Hari Bumi, Saatnya Bersama Bebaskan Planet dari Lilitan Plastik

Artikel ini milik Greeners.co dan merupakan bentuk kerjasama dengan Good News From Indonesia.

Hari Bumi, Saatnya Bersama Bebaskan Planet dari Lilitan Plastik
info gambar utama

Jakarta (Greeners) – Tema “Planet vs Plastic” pada Hari Bumi pada 22 April menjadi peringatan penting bagi masyarakat dunia untuk membebaskan planet ini dari keterikatan plastik. Kini, saatnya masyarakat bertindak nyata mengurangipenggunaan plastik sekalipakai. Hal itu demimenyelamatkankehidupan manusia, hewan, danseluruhelemendiplanet bumi.

“Masyarakat harus sadar saat ini bumi kita sudah sakit. Sudah banyak ekosistem baik sungai, laut, daratan yang terkontaminasi oleh sampah plastik. Ini tidak terjadi di Indonesia saja, tapi di seluruh dunia,” kata Koordinator Brand Audit Divisi Edukasi Ecological Observation and Wetland Conservation (Ecoton), Alaika Rahmatullah kepada Greeners, Senin (22/4).

BACA JUGA: 76 Persen Sampah Plastik Fleksibel Bocor ke Lingkungan

Berdasarkan data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN) komposisi sampah plastik di Indonesia pada tahun 2023 mencapai 18,4%. Menurut Buku Rekam Jejak Mikroplastik oleh Ecoton, sampah plastik di lingkungan juga telah mengancam flora dan fauna. Salah satu fenomena yang ada saat ini adalah pohon terlilit sampah plastik.

Kemudian, fenomena pembakaran secara terbuka juga menyumbang mikroplastik di udara. Sampah plastik dapat melepaskan senyawa beracun (dioxin) dan mikroplastik di udara. Dampak dari pembakaran plastik ini bisa menyebabkan gangguan kesehatan pada manusia.

Baca Selengkapnya

Terima kasih telah membaca sampai di sini