Fosil Purba Berumur Jutaan Tahun dari Jembarwangi Berhasil Direkontruksi

Artikel ini milik Inimahsumedang dan merupakan bentuk kerjasama dengan Good News From Indonesia.

Fosil Purba Berumur Jutaan Tahun dari Jembarwangi Berhasil Direkontruksi
info gambar utama

Tentunya wargi Sumedang masih ingat dong tentang penemuan fosil yang ada di Desa Jembarwangi Kecamatan Tomo, nah dua fosil hewan purba yang ditemukan di Desa Jembarwangi, yakni gading gajah stegodon dan tempurung kura-kura purba sudah berhasil direkonstruksi, oleh tim geologi Bandung dan siap dipamerkan di hadapan publik loh!

Menurut Kepala Bidang Kebudayaan pada Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbupora) Kabupaten Sumedang, Budi Akbar mengatakan, fosil-fosil itu diperkirakan berusia 1 sampai 2 juta tahun. 

"Dua fosil yang sudah direkonstruksi itu rencana akan dibawa ke Sumedang dan di simpan di Desa Jembarwangi tempat fosil tersebut ditemukan. Sedangkan yang asli atas seizin kepala Museum Geologi akan disimpan di salah satu ruangan di Desa Jembarwangi," ujar Budi.

Sementara yang replikanya, sambung Budi, rencananya akan disimpan di Kantor Pusat Pemerintahan Sumedang (PPS). Adapun untuk penempatannya dan desain tempat penyimpanan fosil itu akan dibantu langsung oleh pihak Museum Geologi Kementrian ESDM. 

“Rencananya di bulan Agustus akan launching, kami masih menunggu pembuatan replikanya beres. Kami dari Pemda Sumedang tinggal menerima saja, karena semuanya difasilitasi oleh Musium Geologi,” kata Budi.

Fosil gading gajah stegodon mempunyai panjang 255 cm, diameter 13 cm. Sedangkan gading yang kedua mempunyai panjang 168 cm dengan diameter 16 cm, dan ditemukan pada November 2019. Sedangkan untuk ukuran fosil tempurung kura-kura purba, mempunyai panjang 123 cm dengan lebar sekitar 83 cm, dan ditemukan pada Juli 2022.

Seperti diketahui, fosil gajah spesies Stegodon Tregonochepalus ditemukan di Blok Palawija Desa Jembarwangi pada November 2019. Sedangkan tempurung kura-kura spesies Orlitia ditemukan di Blok Leuwi Umbar pada Juni 2022.

 

Dari Sumedang, makin tahu Indonesia

Sumber: Pemkab Sumedang

Baca Selengkapnya

Terima kasih telah membaca sampai di sini