Arky Gilang Wahab, Sukses Olah Sampah Jadi Pundi Rupiah

Artikel ini milik zonaebt dan merupakan bentuk kerjasama dengan Good News From Indonesia.

Arky Gilang Wahab, Sukses Olah Sampah Jadi Pundi Rupiah
info gambar utama

Gunungan Sampah di TPA Kaliori, Kabupaten Banyumas. Source: jateng.tribunnews.com
info gambar

Sampah nyatanya masih menjadi permasalahan utama bagi umat manusia sampai sekarang.  Semakin bertambahnya populasi manusia, sampah yang dihasilkan pun ikut meningkat. Hal ini menyebabkan terjadinya penumpukan sampah karena belum ada pengelolaan sampah yang baik dari masyarakat.

Ramai sosialisasi yang telah dilakukan untuk mencegah penumpukan sampah ini, mulai dari pemilahan hingga pengolahan sampah. Akan tetapi, sosialisasi tanpa aksi langsung masyarakat juga adalah isapan jempol semata. Sampah-sampah akan tetap menggunung di TPA sekitar.

Sampah yang menggunung dapat menyebabkan banyak masalah, seperti kesehatan, lingkungan yang tercemar, banjir, dan masih banyak lagi. Gunungan ini akan menyebabkan berbagai dampak negatif lainnya apabila tidak segera dikelola dengan baik.

Dilansir dari laman resmi Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, pada tahun 2022 terdapat 35.439.338,12 ton timbulan sampah dan sebanyak 12.171.329,96 ton sampah atau sekitar 35,34% di antaranya yang belum terkelola dengan baik.

Baca Selengkapnya

Terima kasih telah membaca sampai di sini