Bahaya Polusi Udara Bisa Kurangi Angka Harapan Hidup Manusia Dua Tahun

Artikel ini milik GoodStats dan merupakan bentuk kerjasama dengan Good News From Indonesia.

Bahaya Polusi Udara Bisa Kurangi Angka Harapan Hidup Manusia Dua Tahun
info gambar utama

Udara merupakan salah satu faktor abiotik paling penting dalam keberlangsungan makhluk hidup. Udara mengandung banyak senyawa yang berbentuk gas, salah satunya adalah oksigen. Sekitar 20 persen gas oksigen terkandung dalam atmosfer di bumi, yang mana sangat penting bagi kehidupan.

Pencemaran atau polusi udara adalah masuknya unsur-unsur yang berbahaya ke dalam udara menjadi salah satu kerusakan lingkungan. Menurut laporan dari Energy Policy Institute at the University of Chicago (EPIC), menghirup udara yang tercemar dalam jangka waktu yang lama jauh lebih berbahaya daripada dampak yang ditimbulkan oleh rokok atau mengonsumsi minuman beralkohol.

Diketahui bahwa polusi udara dapat mengurangi rata-rata 2,2 tahun harapan hidup tiap orang secara global. Angka ini lebih tinggi dari angka harapan hidup yang dikurangi oleh rokok dan alkohol atau narkotika, yaitu masing-masing sekitar 1,9 tahun dan 8 bulan. Butuh waktu selama 17 miliar tahun untuk mengurangi polusi udara dan memenuhi pedoman kesehatan internasional.

Baca Selengkapnya

Terima kasih telah membaca sampai di sini