BISINDO dan SIBI, Dua Bahasa Isyarat Indonesia untuk Komunitas Tuli

Artikel ini milik Indonesiabaik.id dan merupakan bentuk kerjasama dengan Good News From Indonesia.

BISINDO dan SIBI, Dua Bahasa Isyarat Indonesia untuk Komunitas Tuli
info gambar utama

Dikutip dari siaran pers milik Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kemenkominfo mendukung penuh upaya untuk mempopulerkan penggunaan bahasa isyarat di Indonesia. Adapun salah satu regulasi yang diambil adalah wajibnya televisi siaran untuk menyediakan tayangan bahasa isyarat di Indonesia dalam program berita. Meskipun belum sepenuhnya berjalan, tetapi hal itu akan dilakukan secara bertahap, SohIB.

Well, upaya itu sudah dicanangkan sejak tahun 2018. Kala itu, Menteri Kominfo, Rudiantara, menyatakan bahwa pemerintah tidak membeda-bedakan masyarakat negara kita yang berkebutuhan khusus atau tidak. Sebab, semuanya memiliki hak dan kewajiban yang sama.

Rudiantara menyatakan bahwa Kementerian Kominfo melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi juga men-support adanya kegiatan Jambore TIK Disabilitas, yakni kompetisi untuk penyandang disabilitas dari seluruh Indonesia untuk unjuk gigi dalam keahlian dan kompetensi pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Wow, keren abis, deh!

Baca Selengkapnya

Terima kasih telah membaca sampai di sini