Internet of Things (IoT) dan Perannya dalam Meningkatkan Efisiensi Energi

Artikel ini milik zonaebt dan merupakan bentuk kerjasama dengan Good News From Indonesia.

Internet of Things (IoT) dan Perannya dalam Meningkatkan Efisiensi Energi
info gambar utama

Ilustrasi IoT. Sumber: https://pemmzchannel.com/
info gambar

Tanpa kita sadari, manusia selalu berhubungan dengan teknologi yang mengadopsi konsep Internet of Things (IoT). Seluruh aktivitas manusia saling terkoneksi melalui jaringan internet untuk memfasilitasi transfer data dengan lebih mudah.

IoT telah banyak diterapkan dalam berbagai aspek kehidupan manusia, terutama dalam sektor energi. Di bidang energi ini, mencakup semua sumber daya yang digunakan sebagai tenaga pembangkit untuk mesin atau perangkat, seperti udara, listrik, air, dan lainnya. Semua perangkat ini diterapkan dengan konsep IoT guna meningkatkan efisiensi dalam pemanfaatannya bagi penggunanya.

IoT (Internet of Things) merupakan suatu konsep di mana perangkat elektronik atau objek-objek yang biasanya tidak terhubung ke internet, seperti perangkat rumah tangga, kendaraan, perangkat kerja, dan mesin produksi, diberikan sensor dan sistem pemrosesan data sehingga dapat terhubung ke internet dan berkomunikasi dengan perangkat lainnya.

Melalui IoT, data dapat dikumpulkan secara otomatis dari berbagai perangkat atau objek, dan data ini dapat diolah dan dianalisis untuk menghasilkan informasi yang berguna dalam pengambilan keputusan. Dengan demikian, IoT membantu meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan kualitas hidup manusia.

Baca Selengkapnya

Terima kasih telah membaca sampai di sini