Melihat Betukang, Startup Kalbar Bikin Tukang Naik Kelas

Artikel ini milik Pontinesia dan merupakan bentuk kerjasama dengan Good News From Indonesia.

Melihat Betukang, Startup Kalbar Bikin Tukang Naik Kelas
info gambar utama

CERITA KOTA | Setelah membantu meningkatkan keterampilan masyarakat berdaya di tahun-tahun sebelumnya, tahun ini Betukang.id memulai program naik kelas para tukang. Mereka membuka pelatihan pembuatan dokumen proyek. Seperti pembuatan Rencana Anggaran Biaya (RAB), Surat Perjanjian Kerja (SPK) dan penawaran harga.

Betukang.id merupakan startup layanan jasa tukang dari berbagai jenis keahlian asal Kalbar. Dimulai dari Pontianak, kini mereka ada di lebih dari 10 kota di Indonesia.

"Program ini awalnya karena melihat banyak tukang yang belum standar, baik dari sisi skil ataupun dari administrasi," cerita CEO dan founder Betukang, Dezan Taruna.

Untuk peningkatan skil, mereka sudah sering membuat pelatihan. Semisal teknisi laptop dan AC. Namun untuk administrasi tukang, baru dimulai tahun 2024.

Dari data mereka, banyak tukang yang setelah survei, memberikan laporan ke konsumen hanya ditulis di WhatsApp, tidak dalam format tertentu. Hal ini membuat konsumen merasa tukang-tukang tersebut belum profesional.

Baca Selengkapnya

Terima kasih telah membaca sampai di sini