Melihat Tradisi Takbir Rumah ke Rumah dari Kapuas Hulu

Artikel ini milik Pontinesia dan merupakan bentuk kerjasama dengan Good News From Indonesia.

Melihat Tradisi Takbir Rumah ke Rumah dari Kapuas Hulu
info gambar utama

CERITA KAPUAS HULU | Umat Muslim di Teluk Barak, Kecamatan Putussibau Selatan, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat memiliki tradisi unik dalam menyambut lebaran. Jika biasanya kumandang takbir dilantunkan dari masjid atau musala, di sana justru dari rumah ke rumah. Bukan sekadar di depan pintu, melainkan duduk bersila sama rendah, dan menikmati sajian sama mewah.

"Takbiran ke rumah-rumah sudah menjadi tradisi turun temurun yang kami laksanakan sejak dulu, menyambut Hari Raya Idulfitri dengan penuh rasa kebersamaan dan kekeluargaan," kata pengurus Surau Al Taqwa Irwan Shodri di Putussibau Kapuas Hulu, sebagaimana dikutip dari Antara.

Warga pun menyambut antusias malam lebaran. Suara mereka seakan tak ada habisnya. Melantunkan panji-panji kebesaran Allah. Usai takbir di satu rumah, doa bersama dihaturkan. Sebagai pembasah mulut, mereka menikmati kudapan dari tuan rumah dengan rasa syukur. Selesainya, mereka pindah ke tetangga lain.

Sebuah wujud suka cita menyambut hari raya, dengan kebersamaan.

Irwan bercerita, tradisi ini merupakan kebersamaan dalam suka cita menyambut perayaan Idulfitri setelah satu bulan lamanya melaksanakan ibadah puasa.

Baca Selengkapnya

Terima kasih telah membaca sampai di sini