Mengenal PLTP Sarulla, Proyek Energi Panas Bumi Terbesar di Dunia

Artikel ini milik zonaebt dan merupakan bentuk kerjasama dengan Good News From Indonesia.

Mengenal PLTP Sarulla, Proyek Energi Panas Bumi Terbesar di Dunia
info gambar utama

Illustrasi PLTP Sarulla. Sumber: Minergi News
info gambar

Indonesia, dengan kekayaan sumber daya alamnya yang melimpah, memiliki potensi besar untuk memimpin dalam pengembangan energi terbarukan. Contoh nyatanya adalah Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi PLTP Sarulla, proyek PLTP terbesar di dunia yang berlokasi di Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatra Utara.

PLTP Sarulla menunjukkan komitmen tinggi terhadap teknologi dan keberlanjutan. Sehingga, artikel ini akan membahas perannya dalam transformasi energi Indonesia, dan dampak positifnya terhadap lingkungan, ekonomi, serta masyarakat setempat. Mari Sobat EBT Heroes makin tahu Indonesia mengenai PLTP terbesar di dunia yang berada di negara ini.

Illustrasi PLTP Sarulla. Sumber: Sarulla Operation Ltd.

PLTP Sarulla adalah sebuah proyek energi panas bumi berskala besar yang direalisasikan oleh Konsorsium Sarulla Operations Limited (SOL). Konsorsium ini terdiri dari perusahaan terkemuka, seperti Medco Power Indonesia, Itochu Corporation, Kyushu Electric Power Company, dan Ormat International. Proyek PLTP ini memiliki kapasitas pengembangan hingga 330 MW dan terbagi menjadi tiga unit yang beroperasi pada waktu yang berbeda. Unit pertama mulai beroperasi pada Maret 2017, unit kedua pada Oktober 2017, dan unit ketiga pada Mei 2018.

Baca Selengkapnya

Terima kasih telah membaca sampai di sini