Menggiatkan Aksi Peduli Sampah Bersama Waste Solution Hub

Artikel ini milik zonaebt dan merupakan bentuk kerjasama dengan Good News From Indonesia.

Menggiatkan Aksi Peduli Sampah Bersama Waste Solution Hub
info gambar utama

Ilustrasi logo Waste Solution Hub. Sumber: https://wastehub.id/
info gambar

Permasalahan sampah menjadi tantangan serius yang mempengaruhi lingkungan dan kesehatan masyarakat di dunia. Jumlah sampah yang semakin hari semakin menjolak menjadi isu yang dialami secara global, negara-negara berkembang maupun negara-negara maju tengah berjuang untuk mengatasi permasalahan ini. Penanggulangan sampah yang kurang baik dan tingkat kesadaran masyarakat yang rendah menjadi faktor utama mengapa sampah semakin menumpuk. Hal ini tentunya merugikan lingkungan dimana sampah yang tidak terurai dengan baik akan menyebabkan polusi serta mengganggu aktivitas manusia.

Setiap tahunnya, miliaran ton sampah dihasilkan di seluruh dunia, dan banyak dari sampah tersebut akhirnya berakhir di lautan, mengakibatkan masalah serius seperti polusi laut dan kerusakan ekosistem maritim, terutama limbah plastik yang berjumlah sekitar 25.000 ton per hari yang setidaknya 20 persennya diyakini berakhir di sungai dan perairan pesisir. Lalu, apakah ada mereka dengan kesadarannya ‘bertindak’ akan isu yang genting ini? Kenali pahlawan kita: Siti Salimah dan Waste Solution Hub.

Kegiatan pekerja informal memungut sampah. Sumber: https://wastehub.id/

Pada hari Senin (21/08/2023), enam Penerima Apresiasi SATU Indonesia Awards membagikan kisah inspiratifnya yang tengah menjalani misi dalam membangun cita-cita bangsa Indonesia di bidang pendidikan dan lingkungan melalui acara Talkshow Good Movement. Salah satu dari keenam penerima apresiasi tersebut tak lain adalah Siti Salimah.

Baca Selengkapnya

Terima kasih telah membaca sampai di sini