Pameran Wajah Kartini: Melepas Seremoni, Mendalami Persepsi

Artikel ini milik Pontinesia dan merupakan bentuk kerjasama dengan Good News From Indonesia.

Pameran Wajah Kartini: Melepas Seremoni, Mendalami Persepsi
info gambar utama

Bagaimana perempuan melihat dirinya sendiri, bagaimana ia memandang dunia dan bagaimana zaman memperlakukannya, menjadi garis besar 21 karya dalam Pameran “Wajah Kartini” yang berlangsung di PORT 99, Jalan Komyos Sudarso, Pontianak, Kalimantan Barat, tanggal 21 hingga 26 April 2024.

Wajah Kartini diselenggarakan Gantari Nawasena Society dan dikuratori Hera Yulita.

Sebanyak 15 seniman perempuan yang berasal dari Pontianak, Singkawang, Sintang, Ketapang dan Kapuas Hulu serta satu karya kolektif dari LAPAS Perempuan Pontianak ambil bagian dalam pameran bersama tersebut.

Pameran ini merupakan ruang respon, serta sikap nalar para perempuan. Bagaimana mereka terus mampu menghadirkan gagasan dari hasil pencarian dan perenungan mendasar. Melihat hal-hal yang berhubungan dengan perempuan dan dunianya. Memaknai sosok Kartini dan pandangannya, serta bagaimana saling coba mengenal antarsesama, entah sebagai manusia, pun sebagai perempuan tentu saja.

Gagasan kuratorial Pameran Wajah Kartini adalah soal perempuan dengan segala persepsi dan peran yang melekat padanya. Gagasan ini tentu saja berkaitan dengan hal-hal yang terjadi, dan dihadapi oleh perempuan pada masa kini.

Baca Selengkapnya

Terima kasih telah membaca sampai di sini