Sekolah Alam Al-Firdaus: Sekolah di Indonesia yang Bayar SPP dengan Sampah

Artikel ini milik zonaebt dan merupakan bentuk kerjasama dengan Good News From Indonesia.

Sekolah Alam Al-Firdaus: Sekolah di Indonesia yang Bayar SPP dengan Sampah
info gambar utama

Sekolah Alam Al-Firdaus. Sumber: Petrominer.com
info gambar

Apakah Sobat EBT Heroes sudah mengetahui bahwa di Indonesia ada sekolah yang menerima pembayaran dengan menggunakan sampah plastik? Sekolah tersebut dikenal sebagai Sekolah Alam Al-Firdaus yang terletak di Karawang, Jawa Barat. Konsep pendidikan di sekolah alam ini telah banyak diterapkan di Indonesia. Hal ini bertujuan untuk menciptakan pembelajaran yang lebih menyenangkan dan mengasah kecerdasan natural peserta didik. Dengan konsep belajar yang berbeda, diharapkan peserta didik dapat merasakan proses belajar yang menyenangkan, sebagaimana diterapkan di Sekolah Alam Al-Firdaus.

Ilustrasisekolah alam. Sumber:vecteezy.com

Sekolah Alam Al-Firdaus pertama kali didirikan oleh seorang pemuda daerah bernama Dave. Sekolah ini berangkat dari kekhawatiran Dave terhadap keadaan lingkungan di tempat tinggalnya, yaitu Kepulauan Aru. Masalah utama yang dihadapi di kepulauan Aru adalah pencemaran laut dan lingkungan akibat sampah plastik. Apalagi masyarakat setempat sangat bergantung pada laut sebagai sumber kehidupan dan menjadi jalur lalu lintas penghubung antarpulau. Selain itu, minimnya infrastruktur dan sistem pengelolaan sampah menjadi faktor tambahan yang memperburuk situasi ini.

Selain kondisi lingkungan, isu pendidikan juga memperkuat tekad Dave untuk mendirikan sekolah. Di daerahnya, banyak sekolah yang tidak menyediakan layanan pendidikan yang memadai, bahkan ada banyak anak setempat yang terpaksa putus sekolah. Dave merasa bahwa ini adalah hal yang sangat penting, sehingga dia rela meninggalkan pekerjaannya demi mendirikan sekolah alam di wilayah tersebut.

Baca Selengkapnya

Terima kasih telah membaca sampai di sini