Tentang Buku HET PARADIJS VAN JAVA Karya Wijnand Kerkhoff

Artikel ini milik Inimahsumedang dan merupakan bentuk kerjasama dengan Good News From Indonesia.

Tentang Buku HET PARADIJS VAN JAVA Karya Wijnand Kerkhoff
info gambar utama

Jika melihat gambaran Sumedang tempo dulu, dalam beberapa lukisan atau foto, dengan keindahannya, ragam aktivitas penduduk Sumedang yang terekam dan terabadikan, kita bisa jadi tahu gambaran Sumedang zaman dulu. Nah, wargi Sumedang bisa lihat juga nih, dalam sebuah buku yang isinya kumpulan foto Sumedang pada zaman dulu. Wah makin tahu Indonesia yah!

Ketika seorang penulis Belanda bernama Wijnand Kerkhoff berkeliling ke tanah Priangan hingga ke arah timur dia begitu terpesona dengan keindahan alam dan kehidupan budaya Sunda, di Garut, Sukabumi, Cianjur, Cipanas, Lembang, Pace, Cirebon dan Sumedang.

Wijnand Kerkhoff dengan antusias memberikan julukan yang luar biasa kepada Sumedang sebagai "Paradijs van Java" dalam bahasa Belanda yang berarti Surga dari Jawa. Wijnand Kerkhoff menerbitkan sebuah buku kumpulan karya fotografinya yang ia beri judul Het Paradijs van Java pada tahun 1939.

Dengan terbitnya buku tersebut, Kerkhoff berharap kota yang telah mengilhaminya banyak sekali keindahan itu bisa lebih dikenal luas oleh para wisatawan. Julukan tersebut sebagai bentuk rasa kekagumannya atas lanskap alam dan budaya Sumedang.

Memang dari awal penerbitan buku Het Paradijs van Java dimaksudkan untuk mempromosikan pariwisata Sumedang pada zaman dulu kepada turis internasional. Bisa dilihat dalam bukunya di bawah judul utama buku tersebut dibuat transliterasi ke dalam berbagai bahasa untuk memudahkan turis yang tak mengerti bahasa Belanda, seperti: Sorga dari Djawa, Das Paradis von Java, The Paradise of Java, Le Paradis de Java, EI Paraiso de Java, dan II Paradiso di Giava.

Baca Selengkapnya

Terima kasih telah membaca sampai di sini