Ucing Sumput, Permainan Tradisional yang Melegenda

Artikel ini milik Inimahsumedang dan merupakan bentuk kerjasama dengan Good News From Indonesia.

Ucing Sumput, Permainan Tradisional yang Melegenda
info gambar utama

Rasanya sangat senang sekali jika mengingat ke masa kecil yah wargi Sumedang, apalagi dengan permainan yang satu ini, permainan seru yang tanpa modal apa pun. Ucing Sumput atau Petak umpet. Permainan ini menjadi salah satu permainan tradisional di Indonesia yang melegenda.

Nah tentunya wargi Sumedang pernah dong main Ucing Sumput atau Petak umpet? Kata “Petak umpet” dipakai untuk permainan mencari orang atau teman yang bersembunyi (umpet). Kenapa dipakai kata “Petak”, karena zaman dulunya pada permainan ini si orang yang mencari atau diistilahkan “jaga” di sini berada dalam suatu petak yang digambar di atas tanah atau bidang tempat dia jaga sebelum memulai permainan mencari temannya.

Permainan tradisional petak umpet juga tersebar di Indonesia, dalam Bahasa Jawa disebut dengan Dhelikan, Jethungan, atau Jepungan. Sementara itu di Jawa Barat, permainan tradisional petak umpet ini dinamai dengan ucing sumput.

Untuk di Jawa Barat sendiri kata "ucing" kerap digunakan untuk menyebut kucing dalam bahasa Sunda, sementara "sumput" berarti sembunyi. 

Permaianan ucung sumput ini dikenal juga dengan permainan Hong atau Hong 25.

Baca Selengkapnya

Terima kasih telah membaca sampai di sini