Unik! Ada PLTA yang Dibangun di Bawah Tanah

Artikel ini milik zonaebt dan merupakan bentuk kerjasama dengan Good News From Indonesia.

Unik! Ada PLTA yang Dibangun di Bawah Tanah
info gambar utama

Ketersediaan energi listrik dan bahan baku alumina merupakan faktor paling penting dalam produksi aluminium. PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau yang lebih dikenal dengan PT Inalum memerlukan energi listrik untuk membuat berbagai produk yang berbahan dasar aluminium.

PT. INALUM memerlukan daya listrik sebesar 14 Megawatt Jam untuk memproduksi produk aluminium dengan satu ton aluminium sebagai bahan baku dasar. Pemenuhan energi listrik dilakukan dengan memanfaatkan aliran Sungai Asahan yang terhubung dengan Danau Toba. PLTA Sigura-gura dibangun untuk memenuhi pasokan energi listrik untuk keperluan produksi di Pabrik Peleburan Aluminium. Pabrik ini terletak di Kuala Tanjung.

Keberadaan PLTA Sigura-gura sudah ada sejak puluhan tahun lalu, lebih tepatnya dibangun pada 9 Juni 1978. Presiden Soeharto meresmikan pembangunannya secara langsung pada saat itu. Dulunya, PLTA Sigura-gura akan dibangun bersama dengan Rusia, namun tidak berhasil.

Dilanjut dengan Belanda dan belum juga berhasil. Hingga akhirnya sebuah perusahaan dari Jepang bernama Nippon Koei menyatakan kelayakannya atas pembangunan PLTA tersebut. Derasnya debit air pada tahun 1972 membuat pemerintah semakin yakin atas pembangunan PLTA Sigura-gura.

PLTA Sigura-gura adalah salah satu PLTA yang dimiliki oleh PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) yang berlokasi di Simorea, Sumatra Utara. PLTA ini populer karena keunikannya, yaitu dibangun di kedalaman 200 meter di bawah tanah dan merupakan yang pertama di Indonesia.

Baca Selengkapnya

Terima kasih telah membaca sampai di sini