YouTube sebagai Media Pembelajaran di Era Digital

Artikel ini milik Indonesiabaik.id dan merupakan bentuk kerjasama dengan Good News From Indonesia.

YouTube sebagai Media Pembelajaran di Era Digital
info gambar utama

National Education Association (NEA) menjelaskan bahwa media adalah segala objek yang dapat dimanipulasi, dilihat, didengar, dibaca, atau dibicarakan bersama dengan instrumen yang digunakan untuk suatu aktivitas/kegiatan.

Sedangkan pembelajaran menurut UU Sisdiknas No. 20 tahun 2003 adalah proses interaksi antara siswa dengan guru dan sumber belajar dalam lingkungan belajar. Dalam Permendikbud 103/2014 dijabarkan bahwa proses pembelajaran haruslah bersifat interaktif dan menginspirasi, di mana hal itu dapat terwujud melalui pemanfaatan pendekatan, metode, media, dan strategi pembelajaran yang menarik dan beragam.

Di era sekarang, yaitu era revolusi industri 4.0. Di mana perkembangan luar biasa terjadi pada bidang teknologi dan internet. Penggunaan smartphone dan teknologi digital lainnya sudah menjadi alat yang digunakan sehari-hari dalam kehidupan masyarakat. Sesuai dengan yang dikatakan Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto dalam Kominfobahwa revolusi industri 4.0 merupakan upaya transformasi menuju perbaikan dengan menggabungkan dunia online dan lini produksi di industri, di mana semua proses produksi berjalan dengan internet sebagai penopang utama.

Baca Selengkapnya

Terima kasih telah membaca sampai di sini