MACAN Merambah Jakarta di 2017

 MACAN Merambah Jakarta di 2017
info gambar utama

Museum seni kontemporer pertama di Indonesia akan dibuka pada awal tahun 2017 mendatang dan berlokasi di Jakarta Barat. Museum ini akan diberi nama MACAN yang merupakan singkatan dari Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara.

Adalah Haryanto Adikoesoemo seorang kolektor seni dan seorang pengusaha yang membangun museum ini. Selain berprofesi sebagai pengusaha, Haryanto juga merupakan anggota kehormatan Hirshhorn Museum and Sculpture Garden di Washington

Sebagai ketua museum telah terpilih Thomas J. Berghuis yang memilki banyak pengalaman di bidang seni diantaranya kurator seni khusus Tiongkok di Guggenheim Museum di New York serta pernah didapuk sebagai kurator untuk Jakarta Biennale dan festival ArtJog.

“Saya ingin Museum MACAN berguna untuk meningkatkan pengetahuan rakyat Indonesia tentang seni dan cara menghargainya,” ujar Haryanto seperti dikutip dari New York Times. “Saya juga ingin museum ini menjadi media untuk membantu pertukaran antara Indonesia dan dunia serta menjadi pijakan bagi seni Indonesia ke pasar internasional dan juga sebaliknya.”

Rencananya museum ini akan memiliki luas 3.995 meter persegi dan akan menampilkan koleksi Haryanto yang mencapai 800 karya seni modern dan kontemporer yang dikumpulkannya selama 25 tahun. Beberapa di antaranya merupakan karya seniman Raden Saleh, Affandi, Anish Kapoor, dan Gerhard Richter. Museum tersebut bakal menempati kompleks bangunan terpadu yang menyatu dengan perkantoran, apartemen, hotel, dan pusat perbelanjaan.


Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini