Lupa Sandi?

Ini Dia Aktor Laga Internasional Indonesia Pertama!

adli hazmi
adli hazmi
6 Komentar
Ini Dia Aktor Laga Internasional Indonesia Pertama!

Saat ini kita memiliki artis dan aktor Indonesia yang diakui oleh perfilman internasional. Sederet nama seperti Joe Taslim yang bermain di Fast and Furious 4, Iko Uwais di The Raid, Yayan Ruhian yang juga bermain di The Raid dan lebih dikenal dengan nama Maddog telah membanggakan nama Indonesia dengan prestasinya di kancah hiburan film.

Namun, pernahkah kita bertanya-tanya siapa aktor laga Indonesia pertama yang pernah mencatatkan namanya di dunia film internasional? Jauh sebelum adanya nama-nama aktor laga yang kita kenal saat ini, ternyata ada satu orang yang telah lebih dulu melanglang buana ke dunia film internasional, bahkan pernah bermain film bersama Jackie Chan dan Bruce Lee.

Lahir di Pematang Siantar Sumatera Utara pada 29 Juni 1939, Wang Lap-tat atau sering dikenal dengan nama Lo Lieh merupakan tonggak awal aktor laga Indonesia yang mencatatkan diri di perfilman internasional. Berawal dari kepergiannya untuk belajar seni beladiri di Hongkong pada tahun 1962, Lo Lieh kemudian bergabung dengan sebuah perusahaan film bernama Shaw Brothers yang memiliki reputasi sangat baik d Hong Kong pada waktu itu. Pada saat ini juga dirinya mengganti nama menjadi Lo Lieh dan lebih dikenal dengan Joe Lee sebagai nama panggungnya.

Salah satu adegan Lo Lieh (sumber : Brilio.net)
Salah satu adegan Lo Lieh (sumber : Brilio.net)

Beberapa film yang ia bintangi pada tahun 1965 – 1969 adalah Tiger Boy (1966), Golden Swallow (1968) dan Twelve Deadly Coins (1969). Di ketiga film ini Lo Lieh selalu berperan sebagai tokoh protagonis dan sukses menjiwai setiap karakternya disertai dengan kemampuan beladirinya yang cukup mumpuni.

Kemudian di awal 1970an aktor yang mampu berbahasa Mandarin dengan baik ini berpindah agensi di Warner Bross dan membintangi film King Boxer di tahun 1972 yang disutradarai oleh Jeong Chang Hwa dan berlokasi di Hong Kong. Film ini sukses menembus pasar Amerika Serikat dan menyebarkan virus kungfu.

Karirnya pun semakin menanjak sehingga ia membintangi film Fist of Fury II bersama Bruce Li yang berperan sebagai Chen Shan, sedangkan Lo Lieh berperan sebagai Miyamoto. Sebagaimana yang kita tahu bahwa film Fist of Fury II ini termasuk dalam film yang legendaris dikalangan film laga internasional. Tak hanya Bruce Lee, dirinya juga pernah berkolaborasi dengan Chow Yun Fat di tahun 1984 pada film The Occupant berperan sebagai Mr. Chan dan juga aktor legendaris Jackie Chan di film Police Story II di tahun 1992.

Lieh Lo, 1983. Clan of the White Lotus (sumber : Mubi)
Lieh Lo, 1983. Clan of the White Lotus (sumber : Mubi)

Berkarir di bidang film, ternyata membuat Lo Lieh menguasai berbagai hal di bidang perfilman. Ia juga mengembangkan karirnya sebagai art director sekaligus asisten sutradara di film Fist of Dragon (1977) dan menjadi sutradara di berbagai film seperti Zen Master 6 (1987).

Berfoto bersama Bruce Li (Sumber : Shaolin Chamber 36)
Berfoto bersama Bruce Li (Sumber : Shaolin Chamber 36)

Lo Lieh meninggal tahun 2001 karena mengalami serangan jantung. Sebelumnya di tahun yang sama ia sempat membintangi film nya yang terakhir yakni Glass Tiger. Banyak sumber yang mengatakan bahwa saat dirinya menapaki karir di dunia perfilman dari tahun 1965 hingga 2001, ia telah membintangi film lebih dari 200 judul dengan berbagai jenis peran, dari protagonist hingga antagonis.

*

diolah dari berbagai sumber

Pilih BanggaBangga71%
Pilih SedihSedih3%
Pilih SenangSenang5%
Pilih Tak PeduliTak Peduli3%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi3%
Pilih TerpukauTerpukau17%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG ADLI HAZMI

Coffee addict, travel and sport enthusiast. a person who really likes international politics. Follow my Instagram @adli_hazmi ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Evan Dimas

Semua bisa dikalahkan kecuali Tuhan dan orang tua.

— Evan Dimas