Jembatan merupakan struktur yang dibuat untuk menghubungkan dua daerah yang terpisah karena jurang maupun perairan. Adanya jembatan telah membantu menyingkat waktu dalam perjalanan. Jembatan pun kini banyak yang dipadukan dengan seni sehingga memiliki nilai estetika yang tinggi. Dengan estetika itu, tak jarang jembatan dijadikan sebagai ikon sebuah kota. Indonesia ternyata memiliki jembatan-jembatan yang indah untuk dilihat. Yuk, kita ketahui beberapa jembatan indah di Indonesia.

  1. Jembatan Suramadu
Jembatan Suramadu pada malam hari (Sumber : Nettix)
Jembatan Suramadu pada malam hari (Sumber : Nettix)

Jembatan Nasional Suramadu merupakan jembatan yang menghubungkan antara Surabaya dan Madura. Membentang diatas laut dengan kokoh, jembatan ini memiliki panjang 5.438 meter dan saat ini dikategorikan sebagai jembatan terpanjang yang ada di Indonesia.

Pembangunan jembatan ini membutuhkan dana sebesar 4.5 triliun Rupiah dan masa pembangunannya menghabiskan waktu kurang lebih 6 tahun. Jembatan yang diresmikan oleh Presiden Indonesia ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono ini dapat dilalui oleh sepeda motor, mobil, bis dan truk. Dengan adanya jembatan ini, perjalanan antara Madura dan Surabaya bisa ditempuh kurang dari 45 menit.

Keindahan jembatan ini dapat dilihat di siang maupun malam hari, banyaknya orang yang berfoto dan menepi di jembatan ini agaknya menjadi perhatian oleh pemerintah sehingga kini ada mobil patroli yang melintas untuk memperingatkan para pembawa kendaraan yang sedang berfoto karena dapat mengakibatkan kecelakaan.

  1. Jembatan Ampera
Jembatan Ampera (Sumber : Travel Grivy)
Jembatan Ampera (Sumber : Travel Grivy)

Membentang diatas sungai Musi, jembatan Ampera telah menjadi semacam lambang kota yang di Palembang. Jembatan ini menghubungkan dua daratan, yakni seberang Ulu dan Seberang Ilir yang dibangun ketika masa Presiden Soekarno.

Memiki panjang 1.117 meter dan tinggi 11.4 m dari permukaan air ditambah dengan tinggi menara setinggi 63 meter, jembatan ini ternyata pernah menjadi jembatan terpanjang di Asia Tenggara tahun 1965. Hal unik dari jembatan Ampera ini adalah bagian tengah jembatan bisa diangkat dengn kecepatan 10 meter per menit dengan mekanisme dua bandul pemberat disamping seberat 500 ton per bandul. Pengangkatan jembatan ini dimaksudkan untuk memberi kapal yang lewat pada saat itu, namun kini hal tersebut sudah tidak dilakukan lagi.

Jembatan Ampera pada peristiwa gerhana matahari 9 Maret 2016 menjadi pusat tempat melihat gerhana. Jembatan ini sempat ditutup beberapa waktu agar masyarakat setempat bisa menikmati pemandangan gerhana matahari total dengan leluasa.

  1. Jembatan Barito
Panjangnya jembatan Barito (sumber : bokuwarizal.blogspot.sg)
Panjangnya jembatan Barito (sumber : bokuwarizal.blogspot.sg)

Jembatan Barto adalah penghubung dua provinsi di Kalimantan, yakni Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah. Memiliki panjang 1.082 meter yang melintasi Sungai Barito sebesar 900 meter, jembatan ini menawarkan panorama yang indah ketika melintasinya.

Jembatan yang diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 24 April 1997 ini juga pernah tercatat sebagai jembatan gantung terpanjang di Indonesia versi MURI. Keindahan jembatan ini akan mencapai titik maksimal pada sore hari, ketika cahaya keemasan dari matahari yang bersahabat dengan mata menyinari struktur jembatan Barito.

  1. Jembatan siak

Jembatan Siak (Sumber :mapio.net)

Jembatan Siak memilik nama lain yakni Jembatan Tengku Agung Sultanah latifa. Jembatan di Kabupaten Riau ini menghubungkan Kabupaten Siak dengan daerah di sekitarnya seperti Siak Raya. Jembatan Siak yang dibangun dengan dana APBD Kabupaten Siak ini membentang sepanjang 1.196 meter dan diresmikan oleh matan presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 11 Agustus 2007.

Jembatan ini tampak sangat indah karena struktur jembatan dengan palang atasnya yang elok serta memiliki warna emas. Jembatan ini pernah digunakan sebagai jalur perlombaan sepeda internasional Tour De Siak pada 2016 lalu.

Dari keempat jembatan terindah tersebut, kawan sudah pernah melewati yang mana?

Ada 4 komentar

Ayo ikutan juga