perahu layar
perahu layar

Memasuki hari kedua parade, festival pesona kebangsaan pada hari lahirnya pancasila yang ke-72 tahun dan bulan Soekarno tingkat kabupaten ke -4 tahun 2017  dengan tema" PANCASILA RUMAH KITA DARI ENDE  UNTUK INDONESIA .'' Pemerintah Kabupaten Ende bekerja sama dengan Dinas pariwisata Ende (pesona Indonesia) mengadakan kegiatan perahu layar yang dihiasi tersebut .Kabupaten Ende di Nusa Tenggara Timur (NTT) menjadi saksi kehidupan Soekarno, Presiden pertama Republik Indonesia. Kentalnya nilai sejarah yang dialami Bapak Proklamator yang lahir pada 6 Juni 1901 ini, lekat dengan daerah ini yang lama dijadikan tempat pengasingannya. Parade perahu layar diawali dengan parade laut serta pada pukul 07.00 wita yang disambut langsung oleh camat Pulau Ende dan perahu layar pada pukul 09.00 wita. Ini menjadi rangkaian dari kegiatan yang sudah diselenggarakan pada tahun- tahun sebelumnya dalam menyemangati seremonial hari lahir pancasila . 

start awalnya para tim dimulsi dari pelabuhan pulau Ende dan menuju ke Pelabuhan Soekarno Ende  . Dengan beberapa aturan seperti perahu hias , rombongan perahu layar membawa lambang burung garuda ,plakat bendera merah putih dan lambang daerah . Para tarian adat SDN Ende 1 dengan menarikan empat etnis seperti: Bali, Jawa,Sabu, dan Ende Lio Nage . Para rombongan ini terdiri dari berbagai suku bangsa yang ada di indonesia . Mereka menuju Lapangan Pancasila melalui Jalan Moh. Hatta yang diiringi dengan lagu Ende Deku Demu oleh Bapak Drs. Amatus Petu.

upacara parade pesona kebangsaan
upacara parade pesona kebangsaan

Mengingatkan kita bahwa'' Indonesia adalah negara Maritim yang memiliki banyak pulau , laut yang luas serta keberagaman dari berbagai unsur masyarakat Indonesia yang menyatukan kebhinekaan tunggal ika . 

upacara parade pesona kebangsaan
upacara parade pesona kebangsaan

Parade Kebangsaan ini menurut Derson, merupakan kristalisasi kesadaran berbangsa bernegara, yang diselenggarakan oleh berbagai kalangan : publik dan republik. Dikatakan Derson, sesuai hasil pertemuan dengan pihak Kementrian Pariwisata RI , telah dirancang berbagai kegiatan - kegiatan pendukung Parade Pesona Kebangsaan. Kegiatan multievent ini akan berlangsung di beberapa tempat di Ende untuk menyemarakan suasana kebangsaan, seperti acara Sasana Seni Soekarno, Pameran Seni rupa dan poster Ende Kota Pancasila,Lokakarya Busana Etnik Kontemporer, Tarian rakyat Ende Lio, sebagai pembukaan secara simbolik kegiatan Parade Pesona Kebangsaan.

upacar parade kebangsaan
upacar parade kebangsaan

Arief mengapresiasi event Parade Pesona Kebangsaan 2017 ini. Kegiatan ini yang setiap tahun makin meriah ini bisa menjadi sarana untuk mempromosikan potensi pariwisata serta meningkatkan kunjungan wisatawan ke NTT, khususnya ke Pulau Sumba maupun Kabupaten Ende, selain sebagai upaya melestarikan dan mengembangkan keunikan warisan budaya nenek moyang berupa tenung ikat.

parade pesona kebangsaan
parade pesona kebangsaan

ini dihiburi oleh Marching band dari MAS Walisanga Ende menunjukkan aksinya dalam perhelatan parade kebangsaan di Lap. Pancasila Ende . Anggota marching band ini mengenakan kostum loreng dan national kostum yang melambangkan jiwa semangat bangsa Indonesia dan menekankan nilai-nilai Pancasila dan Ende sebagai rahimnya . Cuacanya saat itu sangat mendung namun tidak hujan namun tidak menyurutkan semangat hari ini dalam perayaan Parade Pesona Kebangsaan dan Bulan Soekarno . bagi pengendara  roda dua maupun roda empat yang melintasi Jalan Moh. hatta untuk selalu berhati-hati karena sekitaran jalan tersebut sangat ramai karena dipadati oleh peserta upacar, tamu undangan, dan juga Masyarakat kota Ende tentunya arus lalulintasnya macet . gunakanlah helm demi menjaga keselamatan nyawa anda .


Sumber: terjun lapangan dan diolah dari berbagai media 

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu