Lombok tidak pernah berhenti bersolek dan menampakkan kecantikannya pada para pecinta melanncong. Hal ini karena memang pemerintah amat fokus membangun pariwisata Lombok sebagai destinasi unggulan wisata Indonesia. Kecantikannya yang masih lestari ini konon berhasil menarik hati para pelancong dari mancanegara juga, khususnya Korea Selatan.

Menurut Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Tai-young Cho, Provinsi Nusa Tenggara Barat telah menjadi destinasi "the rising star" bagi wisatawan Korsel.

"NTB sudah banyak mengalami kemajuan. Keindahan alam NTB membuat saya kagum. Bahkan NTB saat ini sedang menjadi the rising star bagi orang-orang Korea" kata Cho dikutip dari Kompas.com.

Maka, tak heran kalau Lombok beberapa waktu terakhir ini menjadi tujuan bagi para bintang Korea Selatan seperti Gong Yoo, Tablo, Seungri Big Bang, hingga keluarga komedian Lee Hwi Jae.

Pesona indah Lombok, NTB telah membuat wisatawan Korsel jatuh cinta
Pesona indah Lombok, NTB telah membuat wisatawan Korsel jatuh cinta

Jumlah kunjungan wisatawan Korea Selatan ke Indonesia sempat meningkat tahun 2015 sebanyak 3 persen dari tahun sebelumnya. Namun data di awal tahun 2017 lalu, jumlah kunjungan ini mengalami penurunan sehingga pihak Kemenpar berusaha terus mempromosikan pariwisata Indonesia ke masyarakat Korea Selatan. Pun pemerintah setempat tak berhenti membuat inovasi untuk menarik minat wisatawan mancanegara.

Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi mengungkapkan bahwa pihaknya tertarik dan terinspirasi dengan sejumlah program pembangunan wisata di Korea Selatan dan mungkin bisa diadaptasi di NTB.

"Salah satu yang kami terapkan adalah membangun 'Olle' di Mandalika Resort. Kami terinspirasi dari 'Olle' yang ada di Jeju, di mana wisatawan dapat menikmati alam dengan berjalan kaki atau bersepeda," jelas Zainul.

Untuk menarik semakin banyak wisatawan dari Korsel, maskapai penerbangan Korsel, Korean Air pun tengah bersiap membuka rute penerbangan Bandara Incheon, Seoul langsung ke Bandara Internasional Lombok, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Rencananya, Korean Air akan menjajaki rute ini dengan lima penerbangan charter pada Juli-Agustus.

Selain itu,  pemerintah Indonesia juga memberikan kemudahan dengan adanya kebijakan bebas visa kunjungan singkat ke Indonesia. Korea Selatan menjadi salah satu negara yang menerima kemudahan ini sejak pertengahan 2015 melalui PP No 69 Tahun 2015.


Sumber: Kompas.com

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu