Universitas Indonesia Dilibatkan dalam Pembuatan Pesawat Karya Bangsa Ini

Universitas Indonesia Dilibatkan dalam Pembuatan Pesawat Karya Bangsa Ini

Pesawat N219© Dok.Humas PTDI

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

Industri dirgantara di Indonesi perlahan tapi pasti beranjak naik menujukkan pencapaian-pencapaian penting. Seperti keberhasilan uji terbang pertama pesawat 100% buatan Indonesia N219 pada 16 Agustus yang lalu. Pesawat tersebut dianggap sebagai momentum krusial perkembangan dunia penerbangan Tanah Air. Sehingga dalam pengembangan dan pembuatannya, PT Dirgantara Indonesia melibatkan banyak pihak. Termasuk salah satunya dari pihak kampus yakni Universitas Indonesia.

Seperti diberitakan Viva News, Rektor Universitas Indonesia, Muhammad Anis mengatakan bahwa sinergisitas kampusnya dengan PTDI akan mampu mendukung pengembangan serta penguatan industri dirgantara di Indonesia. Sebab menurutnya, sumber daya berkualitas adalah aspek yang penting dalam industri ini.

"Sumberdaya manusia menjadi salah satu kunci mewujudkan keberhasilan industri penerbangan, selain alih teknologi," kata Anis, Selasa 5 September 2017 di Bandung.

Ia menjelaskan bahwa dengan modal keilmuwan, maka pengembangan produk-produk PTDI akan terus berkembang. Seperti salah satu kontribusi UI dalam pengembangan N219 berupa peran sebagai fasilitator laboratorium Ergonomik Teknik Industri yang digunakan saat merancang Flight Desk pesawat. Ini merupakan dukungan langsung dunia akademik untuk industri dirgantara lewat penelitian, pengembangan dan rekayasa inovasi teknologi.
Sampai saat ini, PTDI sendiri telah memproduksi berbagai macam pesawat. Seperti CN235-220, NC212i, CN295, dan N219. Semuanya adalah persawat yang mayoritas suku cadangnya dibuat di Indonesia.
Selain itu perusahaan yang dirintis oleh seorang tokoh penerbangan Indonesia, Nurtanio Pringgoadisuryo itu juga telah bekerja sama dengan Airbus untuk berbagai produk helikopter dan pesawat jet. Beberapa diantaranya adalah helikopter AS332 dan AS350/365, kemudian Airbus A380 yang merupakan salah satu pesawat jet komersial terbesar di dunia.

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga60%
Pilih SedihSedih10%
Pilih SenangSenang20%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau10%
Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Pantai Panceng Pariwisata Penggerak Ekonomi Desa Sebelummnya

Pantai Panceng Pariwisata Penggerak Ekonomi Desa

Yuk! Kenal Mereka yang Masuk Forbes 30 Under 30 2020 Indonesia (2) Selanjutnya

Yuk! Kenal Mereka yang Masuk Forbes 30 Under 30 2020 Indonesia (2)

Bagus Ramadhan
@bagusdr

Bagus Ramadhan

http://kulawarga.id

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.