Berburu Sunrise Terindah Se-Asia Tenggara

Berburu Sunrise Terindah Se-Asia Tenggara
info gambar utama

Siapa yang tak senang melihat keindahan alam? Apalagi disambut dengan sinar matahari pagi yang hangat, ditambah disuguhi dengan pemandangan matahari terbit terbaik di Asia Tenggara.

Gunung Prau adalah salah satu gunung yang terletak di Pegunungan Tinggi Dieng. Gunung dengan tinggi 2565 diatas pemukaan laut ini merupakan salah satu gunung yang sering dikunjungi oleh para pendaki, karena puncaknya yang sangat indah dan dilengkapi dengan bukit-bukit savanna yang sangat luas.

Dari atas puncak Gunung Prau kamu akan dapat melihat beberapa gunung yang ada di Jawa Tengah, seperti Gunung Merbabu, Gunung Merapi, Gunung Ungaran, Gunung Sindoro, Gunung Raung, Gunung Sumbing dan beberapa Gunung yang lain yang ada di sekitar Pegunungan Tinggi Dieng.

Waktu yang paling pas untuk melihat matahari terbit diatas gunung ini adalah pukul 5 pagi. Kamu dapat melihat matahari pagi terbit dari kejauhan, memancarkan warna jingga kemerah mudaan, pemandangan yang seperti ini hanya dapat kamu temui di atas Gunung Prau dimana udara masih sangat bersih dan sejuk bagaikan surge di atas awan.

Karena letaknya yang berada di Deng atau lebih tepatnya berada di tiga kabupaten sekaligus, yaitu Kabupaten Batang, Kabupaten Kendal, dan Kabupaten Wonosobo maka basecamp Gunung Prau akan mudah dicapai. Jika kamu berasal dari Jakarta kamu dapat menaiki kereta atau bus dan turun di Kota Purwokerto, selanjutnya kamu dapat mencari bus untuk menuju Kabupaten Wonosobo. Setelah itu kamu bisa menaiki bus sampai ke Dieng, yang hanya dikenakan tarif sebesar 10.000 rupiah

Setelah kamu sampai ke basecamp pendakian Patak Banteng kamu dapat beristirahat dahulu sebelum selanjutnya melanjutkan perjalanan yang akan kamu tempuh dengan berjalan kaki selama tiga sampai empat jam ke atas puncak Gunung Prau.

Untuk mendaki sebuah gunung, kamu harus memiliki alat-alat pendakian yang lengkap dan aman. Jika kamu tidak memilikinya, kamu bisa meminjamnya di rental peminjaman alat-alat pendakian. Beberapa barang perlengkapan yang kamu butuhkan sebelum mendaki gunung adalah: tas gunung, sleeping bag dan matras, tenda, makanan kering yang mengandung banyak karbohidrat, air minum yang cukup, senter, jas hujan, jaket, obat-obatan pribadi, sarung tangan, kantong sampah, celana panjang yang nyaman, kaus kaki dan sepatu gunung. Alat-alat tersebut yang akan membantu perjalanan pendakian kamu agar perjalanan pendakian kamu menjadi aman dan nyaman.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini