Bank Di Indonesia Ini Gunakan Robot Chatting Untuk Melayani Nasabah

Bank Di Indonesia Ini Gunakan Robot Chatting Untuk Melayani Nasabah
info gambar utama
Teknologi kecerdasan buatan di Indonesia terus berkembang dan mulai banyak digunakan di banyak sektor industri. Baru-baru ini. PT Bank Rakyat Indonesia Tbk mengumumkan bahwa bank plat merah tersebut menggunakan teknologi chatting robot atau chatbot untuk melayani kebutuhan nasabahnya.

Seperti diberitakan Indotelko (24/1) Direktur Digital Banking & Teknologi Informasi BRI, Indra Utoyo menjelaskan bahwa penerapan teknologi ini bekerja sama dengan startup bot asal Indonesia, Kata.ai. "Kami kerjasama dengan Kata.ai yang bermitra dengan Infomedia untuk berikan layanan Smart BRI New Assistant (SABRINA)," jelanya.

Sabrina akan menawarkan keramahan pada nasabah layaknya Customer Service. Tidak hanya itu, Sabrina juga akan menginformasikan promosi & kegiatan serta produk-produk dari Bank BRI.

Layanan chatbot ini akan melayani dua hal: pertama, menawarkan percakapan layaknya manusia sebab robot ini memiliki kemampuan untuk bercakap-cakap seperti manusia. Kedua, layanan ini akan berperan sebagai media penjualan produk karena memiliki tampilan gambar dan menu yang dapat dipilih oleh nasabah.

Berkat Sabrina, nasabah juga bisa mengetahui lokasi cabang BRI ataupun anjungan tunai mandiri (ATM). Nantinya nasabah BRI juga tidak perlu lagi menunggu antrian untuk mendapatkan layanan yang biasanya membutuhkan costumer service karena nasabah akan semakin dimudahkan cukup chatting dengan Sabrina sehingga tidak perlu lagi mendatangi BRI ataupun menelepon CallBRI.

Infomedia sendiri sebelumnya telah berkolaborasi dengan Kata.ai untuk mengembangkan layanan serupa di beberapa perusahaan di Indonesia. Perusahaan-perusahaan yang telah memiliki layanan chatbot ini adalah Unilever Indonesia yang memiliki chatbot bernama Jemma. Ada pula Telkomsel anak perusahaan Telkom Indonesia yang memiliki chatbot bernama Veronika yang diluncurkan tahun lalu. Sementara ada pula chatbotlain yang sudah beredar di Indonesia seperti milik Microsoft Indonesia yang "hidup" di aplikasi Line bernama Rinna.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini