Mewujudkan Anak Indonesia Calon Inovator Masa Depan

Mewujudkan Anak Indonesia Calon Inovator Masa Depan

Anak-anak SMPN1 Pagedangan berfoto bersama hasil kreasi mereka bersama volunteer yang mendampingi © SociopreneurID

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

Tangerang, 19 Juli 2018 – SociopreneurID bekerja sama dengan Program Studi Technopreneurship, Surya University mengadakan acara Be A Creative Innovator (BCreator). Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan kepekaan anak terhadap lingkungan sekitar yang ditanamkan melalui sejumlah permainan. BCreator dilaksanakan Kamis (19/07) yang bertempat di SMP N 1 Pagedangan, Kabupaten Tangerang dan dihadiri oleh 105 anak dan 20 relawan.

Peserta diajak untuk bermain sambil belajar melalui beberapa metode pembelajaran yang mendorong mereka untuk dapat aktif dalam kerjasama tim, berimajinasi, peka terhadap lingkungan sekitar, dan meningkatkan kemampuan berkomunikasi. Salah satu tujuan dari metode pembelajaran ini adalah untuk menjadikan peserta sebagai calon inovator di masa depan.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Acara BCreator dimulai dengan pemberian kata sambutan oleh kepala sekolah SMP N 1 Pagedangan, Ibu Hj. Ratna Suminar, M.Pd. diikuti dengan kata sambutan dari Christian Putra selaku ketua acara BCreator. Pada sesi pertama acara dilakukan permainan Who Am I? yang mengajak anak untuk lebih memahami dirinya sendiri dengan cara mengekspresikannya melalui gambar. Permainan Look Around You pada sesi kedua mengajak anak untuk melihat dan menuliskan hal-hal kecil yang tidak pernah mereka perhatikan sebelumnya. Selanjutnya, pada sesi ketiga terdapat permainan Let’s Think Creatively yaitu permainan untuk melatih anak berpikir kritis melalui teknik Six Thinking Hats. Pada sesi terakhir, terdapat permainan I Made It! yang mendorong kreativitas dan kepekaan anak untuk menghasilkan sebuah produk yang dibuat secara berkelompok, sesuai dengan studi kasus yang diberikan.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Produk yang telah dibuat kemudian dipresentasikan oleh masing-masing kelompok dan kemudian dilakukan penjurian untuk mendapatkan tiga kelompok terbaik. Acara ditutup dengan penyerahan hadiah dan foto bersama peserta BCreator 2018. Pihak SMP N 1 Pagedangan berharap agar acara ini dapat dilakukan secara berkelanjutan. “Kami berharap agar pihak Surya University dapat membuat kegiatan serupa lagi di sekolah ini”, tutur Ibu Hj. Ratna Suminar, M.Pd.

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga100%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.
Sebanyak 2500 Penari Profesional Akan ‘Jaipongan’ di Bandung! Sebelummnya

Sebanyak 2500 Penari Profesional Akan ‘Jaipongan’ di Bandung!

Indonesia Ternyata Punya 26 Milyar Lobster Bertelur yang Siap Jadi Cuan Selanjutnya

Indonesia Ternyata Punya 26 Milyar Lobster Bertelur yang Siap Jadi Cuan

Christian Setiawan
@christiantiti

Christian Setiawan

http://sociopreneur.id

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.