Tidak Hanya Ikan Cakalang, 5 Ikan ini Sering Serbu Pasar Ekspor

Tidak Hanya Ikan Cakalang, 5 Ikan ini Sering Serbu Pasar Ekspor
info gambar utama

Minat dunia terhadap produk ikan dari Negara Indonesia terus mengalami peningkatan. Khususnya Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Ikan Cakalang mengalami peningkatan permintaan dari banyak negara tetangga seperti Thailand.

Kepala Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan (SKIPM) Kelas I Kupang, Jimmy Elwaren menyebutkan, “Pada Januari 2018, jumlah ekspor ikan cakalang beku ke Thailand hanya sekitar 8 ton, tapi pada Februari naik drastis jadi 50,4 ton atau senilai USD193.926 ribu,” ujar Jimmy

Tidak hanya Negera Thailand saja yang mengimport Ikan-ikan dari Indonesia, Negara Jepang, Singapura, Malaysia, TIonkok, Brunei Darusalam dan Timor Leste juga mengimport ke Indonesia.

Tidak hanya Ikan Cakalang yang menjadi produk ekspor di NTT, inilah 5 ikan yang juga menjadi produk ekspor Provinsi NTT;

  1. Ikan Kerapu

Epinephelus coioides itulah nama latin dari ikan kerapu, ikan kerapu merupakan salah satu jenis ikan laut yang biasanya hidup di karang-karang . terdapat 46 jenis spesies ikan kerapu di dunia, tapi yang ditemukan di perairan Indonesia adalah kerapu bebek, jerapu lumpur, kerapu kertang, kerapu macan, kerapu totol, kerapu karang, kerapu pasir, dan kerapu sunu.

  1. Ikan Tengiri

Termasuk dalam golongan ikan plagis dan salah satu ikan yang berdaging putih ini disukai oleh masyarakat dunia karena memiliki rasa dan bau yang khas. Dengan nama ilmiah Scomberomorini ikan ini termasuk kerabat dekat ikan tuna, ikan tongkol, dan ikan madidihang.

  1. Udang Vaname

Udang Vannamei atau yang biasa dikenal dengan sebutan udang vaname, ciri-ciri spesifik yang dimiliki udang satu ini adalah ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan udang windu. Udang Vaname memiliki tingkat pertumbuhan yang cepat dan memiliki ketahanan yang cukup baik dari serangan hama maupun penyakit. Dan dari segi rasa udang ini menempati kualitas menengah ke atas.

  1. Ikan Kakap

Disebut juga dengan Lutjanus campechanus, ikan kakap memiliki niali ekonomis yang tinggi. Ikan kakap sendiri termasuk kedalam jenis binatang karnivora. Ikan ini juga memangsa ikan-ikan kecil serta mahluk invertebrata yang hidup di dasar permukaan laut. Ukuran tubuh dari kakap merah dapat mencapai panjang maksimal hingga sepanjang 45-50 cm.

  1. Ikan Tuna

Ikan ini memiliki tubih seperti torpedo dengan sedikit pipih dibagian sisinya dan bagian mulut meruncing. Di Indonesia terdapat empat jenis ikan tuna yaitu tuna maddihang ( Thunnus albacares ), tuna mata besar ( Thunnus obesus ) tuna albakora ( Thunnus alalunga ) dan tuna sirip biru ( Thunnas maccayii ). ikan ini di negara jepang sering kita jumpai dalam makanan sushi, oleh karena itu jepang sering mengimpor ini.


Sumber:kkp.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini