Menarik! Buffalo Boys dipilih Untuk Mewakili Singapore di Oscar

Menarik! Buffalo Boys dipilih Untuk Mewakili Singapore di Oscar

Film yang memiliki latar Jawa ini dipilih mewakili Singapore di Oscar tahun 2019 nanti

Satu lagi hal yang menarik di dunia perfilman Indonesia. Film Buffalo Boys menjadi pilihan untuk mewakili Singapura di ajang Oscar untuk kategori Film Berbahasa Asing Terbaik. Film ini disutradarai Mike Wiluan di bawah bendera Infinite Studios yang berbasis di Singapura dan Batam, Indonesia.

Uniknya, Buffalo Boys bukan film yang menceritakan tentang Singapura, namun film ini adalah film tentang Indonesia. Bahkan, film ini dibintangi banyak aktor asal Indonesia seperti Ario Bayu, Yoshi Sudarso dan Pevita Pearce. Film ini dirilis dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.

Berlatar di Pulau Jawa pada masa abad 19, film ini berkisah tentang dua kakak beradik yang dibesarkan di kawasan Wild West Amerika dan pulang ke Indonesia untuk balas dendam atas kematian kedua orang tua mereka. Film ini bergaya ala koboi dengan sebuah perbedaan yang mencolok, yaitu mereka menggunakan kerbau sebagai tunggangan para jagoan, bukan kuda.

“Film ini mengeksplorasi tema ikatan keluarga dan keadilan yang beresonansi secara universal, yang secara kreatif diungkapkan para pembuat film Singapura. Kami yakin bahwa film itu akan beresonansi tidak hanya di Asia, tapi secara internasional, dan akan membuka jalan bagi film-film buatan Singapura,” papar Joachim Ng, Direktur Komisi Film Singapura.

Buffalo Boys sebenarnya sudah tayang di Indonesia pada Juli lalu. Sementara di Singapura, film ini baru akan tayang pada Kamis ini (6/9/2018).

Mike Wiluan, Sutradara film Buffalo Boys, terkejut sekaligus merasa terhormat atas terpilihnya karyanya itu untuk maju ke Oscar. Dia juga merasa takut karena beban yang ada di pundaknya. Meski begitu, dia sudah bersiap jika ada yang bertanya apakah film Buffalo Boys adalah film Singapura karena film ini jelas bernuansa Indonesia.

“Buffalo Boys adalah film lintas-budaya tidak hanya dalam genre dan cerita tapi juga semangat kolaborasi karena ini adalah gabungan antara ekonomi kreatif Singapura dan Indonesia,” tutur Wiluan yang dikutip dari SIndoNews dan Variety.

Sejak 2005, Singapura rajin menyodorkan film di kategori itu tiap tahun. Tapi, sampai sekarang belum satu pun film yang masuk nominasi Oscar. Oscar ke-91 akan digelar pada 24 Februari 2019.

Sumber : SindoNews, CNN Indonesia

Pilih BanggaBangga57%
Pilih SedihSedih14%
Pilih SenangSenang29%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Film Pendek Indonesia Masuk dalam Nominasi Festival Film Internasional Sebelummnya

Film Pendek Indonesia Masuk dalam Nominasi Festival Film Internasional

Indonesia jadi Negara Terfavorit untuk Dikunjungi versi Conde Nast Traveler Selanjutnya

Indonesia jadi Negara Terfavorit untuk Dikunjungi versi Conde Nast Traveler

Akhina Z
@fachrezy

Akhina Z

Writer

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.