Wisata Murah Terjamin Kualitasnya

Wisata Murah Terjamin Kualitasnya
info gambar utama

PONOROGO - Ngebel adalah salah satu tujuan wisata terbaik yang ada di Ponorogo. Selain mempunyai telaga yang indah dan alami, Ngebel juga mempunyai wisata alam yang tidak kalah menarik dari Telaga Ngebel yaitu Pemandian Air Panas yang bertempat di desa Wagir Lor Kecamatan Ngebel Kabupaten Ponorogo. Pemandian ini alami dari sumber air telaga yang mempunyai kadar belerang yang tinggi sehingga menyebabkan terjadinya pergesekan antara dua lempeng yang mengakibatkan air di sekitar daerah tersebut menjadi panas. Tempat wisata ini mungkin jarang terekspose dan dan jarang juga mucul di media sosial karena kurangnya sosisalisasi oleh pemerintah kabupaten Ponorogo dalam hal penyebaran tempat wisata ini. Pemandian air panas ini banyak sekali diminati oleh masyarakat lokal maupun luar daerah. Apalagi di hari libur, pengunjung pemandian air panas semakin membludak dibanding hari – hari biasanya. Tarif yang harus dibayarkan juga cukup murah dengan hanya membayar Rp. 8.000-, pengunjung sudah bisa sepuasnya menikmati fasilitas yang ada di pemandian.

Pemandian air panas yang berada di Wagir Lor ini adalah wisata alam yang sebenarnya hanya berjarak 1,5 km saja dari Telaga Ngebel. Wisata pemandian ini sebelumnya hanya dikenal sebagai sumber air dan sungai yang airnya panas saja, dalam dua tahun ini sudah banyak mengalami perubahan yang signifikan. Sejak beberapa tahun belakangan ini sudah mengalami renovasi yang sudah banyak dirubah dan dipoles sedemikian rupa oleh investor pengembang swasta dan dibantu oleh pemerintah Kabupaten Ponorogo. Pada tahun 2018 ini sudah hampir 90% pengerjaan yang dilakukan oleh pengembang dan pemerintah Ponorogo untuk mempercantik pemandian air panas tersebut sehingga di area tersebut sudah sedikit demi sedikit dilengkapi sarana prasarana pendukung untuk melengkapi pemandian air panas yang berada di desa Wagir Lor Kecamatan Ngebel. Sumber air panas yang terletak di sekitar terasering para warga semakin mempercantik pemandangan yang ada di sekitar pemandian air panas tersebut. Apalagi ditambah dengan cuaca yang sangat mendukung menjadikan pengunjung lebih nyaman dan bisa merasakan kesegaran udara yang alami dari pepohonan yang ada di sekitar kolam pemandian air panas.

Pemandian air panas terbagi menjadi banyak bagian yang membentuk tingkatan kolam yaitu disediakan kolam untuk anak – anak yang berusia di bawah umur yang terletak paling bawah dan di tingkatan yang kedua terdapat pemandian air panas untuk remaja dan dewasa dan yang paling atas sendiri untuk para bapak dan ibu yang ingin merasakan mandi dengan air yang hangat. Disekitar kolam juga terdapat kolam kecil yang terbuat dari batu yang disusun membentuk kolam untuk merendam bagian kaki yang sering terjadi masalah. Biasanya kolam kecil ini digunakan untuk para bapak – bapak dan ibu – ibu untuk merendam kakinya. Pemandian air panas ini mempunyai khasiat yang sangat bermanfaat untuk kesehatan apalagi untuk orang tua. Manfaat berendam di air hangat bermacam – macam yakni bisa mengeluarkan racun di dalam organ tubuh, menghilangkan stress setelah penat bekerja atau mengerjakan tugas, menghilangkan sakit kepala dan flu, memperlancar sirkulasi darah, meringankan keluhan penyakit tulang seperti rematik, sakit bahu, sakit pergelangan tangan dan kaki . Manfaat yang paling penting dari berendam di air panas yaitu dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, memulihkan kebugaran jasmani, meningkatkan vitalitas, memelihara kesegaran sendi – sendi dan otot dan sangat efektif dalam menghilangkan pegal – pegal di dalam tubuh.

Jumlah wisatawan yang berkunjung di pemandian air panas ini dibilang tidak juga sedikit. Data yang didapat sangat mengejutkan, pengunjung yang datang ke wisata ini sudah melampaui ekspetasi pemilik pemandian air panas ini. “Wah ini sudah melebihi apa yang saya kira, apalagi pada hari libur pengunjung berbondong – bondong datang kesini mas.” Ujar Risma salah satu pemilik warung yang ada di pemandian tersebut. Dalam sehari pengunjung bisa mencapai 500an orang yang berkunjung untuk menikmati keindahan wisata tersebut. Di luar hari – hari itu, hari biasa tetap rame pengunjung khususnya orang tua yang sedang berobat di pemandian air panas. “Rata – rata pengunjung disini kebanyakan datang untuk melakukan pengobatan alami berupa terapi di air panas mas, selain itu juga pengunjung dapat menikmati pemandangan yang ada di sekitar pemandian air panas.” Terang Rita kembali.



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini