Kata Siapa Pendidikan di Indonesia Susah Dijangkau? Nih, Platform Bimbel Online Gratis dari Kemdikbud!

Kata Siapa Pendidikan di Indonesia Susah Dijangkau? Nih, Platform Bimbel Online Gratis dari Kemdikbud!

Tampilan utama Rumah Belajar © Istimewa

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

Dulu semasa duduk di bangku sekolah, saya selalu mengikuti bimbingan belajar rutin dengan berbagai macam bentuk. Les di rumah memanggil guru mata pelajaran, les di sekolah sehabis jam sekolah, ataupun di lembaga bimbingan belajar.

Platform-platform belajar konvensional seperti itu sekarang memang masih ada, namun dengan semakin canggihnya teknologi dan juga tuntutan waktu yang rasa-rasanya semakin singkat ini, kemudian muncullah platform belajar online.

Dengan mendaftarkan diri di kelas-kelas online seperti ini memang efisien waktu, oleh karena itu kelas-kelas online populer di era sekarang.

Tidak mau kalah, pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Budaya juga berinovasi dengan menyediakan layanan bimbingan belajar online untuk dapat dijangkau oleh siapa saja. Hal tersebut karena layanan bimbingan belajar online dari Kementerian Pendidikan dan Budaya ini dapat diakses dengan gratis. Layanan tersebut dinamai dengan nama Rumah Belajar.

Ternyata layanan Rumah Belajar ini telah hadir sejak 2011 tepatnya pada tanggal 15 Juni. Berisikan konten bahan belajar yang dapat dimanfaatkan oleh pendidik dan peserta didik mulai dari tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sebagai sumber media pembelajaran.

Meskipun gratis, layanan Rumah Belajar ini tidak sekedar layanan biasa. Dikutip dari website resmi Rumah Belajar, "Sesuai dengan jargon: Belajar di mana saja, kapan saja, dengan siapa saja, Rumah Belajar sangat mudah diakses. Begitu di-klik, langsung muncul halaman pertama dengan berbagai menu pilihan kelompok materi belajar. Pada menu Fitur Utama terdapat delapan kelompok konten, yaitu Sumber Belajar, Buku Sekolah Elektronik, Bank Soal, Laboratorium Maya, Peta Budaya, Wahana Jelajah Angkasa, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, dan Kelas Maya. Sedangkan pada menu Fitur Pendukung terdapat tiga kelompok konten, yaitu Karya Guru, Karya Komunitas, serta Karya Bahasa dan Sastra. Ada pula materi pembelajaran yang terhimpun dalam Fitur Pendukung."

Media pembelajarannya pun sangat lengkap. Mulai dari media konvensional menggunakan teks untuk soal-soal dan materi, kemudian menggunakan video untuk penjelasan lebih lengkap dari guru-guru pilihan & berprestasi dan pendalaman topik-topik abstrak, ada pula audio untuk subjek Bahasa Inggris, dan animasi untuk multimedia.

Narasumber atau guru yang berpartisipasi di Rumah Belajar ini merupakan guru-guru pilihan & berprestasi yang juga menyusun soal Ujian Nasional.

Layanan ini sangat cocok bagi adik-adik yang ingin ikut bimbingan belajar tapi ingin berhemat atau ingin ikut bimbingan belajar konvensional namun tidak ada waktu yang cocok.

Kalian bisa mengaksesnya di tautan berikut: belajar.kemdikbud.go.id

Sumber: Rumah Belajar | Twitter

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga76%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang17%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi5%
Pilih TerpukauTerpukau2%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Editor:
Yufi Eko Firmansyah

Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.
Livi Zheng Membawa Bali di Bangunan Tertinggi di Korea Selatan Sebelummnya

Livi Zheng Membawa Bali di Bangunan Tertinggi di Korea Selatan

Hampir 1,5 Abad Menghilang, Kadal Aneh ini Muncul Lagi di Danau Toba Selanjutnya

Hampir 1,5 Abad Menghilang, Kadal Aneh ini Muncul Lagi di Danau Toba

Vita Ayu Anggraeni
@ayuvitaa

Vita Ayu Anggraeni

2 Komentar

  • Citra kusuma

    Wah keren pemerintah memberikan fasilitas bimbel gratis untuk anak negeri. Membantu banyak pelajar dan anak-anak lain meraih mimpi. Semuanya juga jadi bisa merasakan bimbel. Apalagi untuk mereka yang mohon maaf masih kurang cukup, mungkin tidak pernah terlintas mengikuti bimbel, dengan sudah bisa bersekolah saja mereka sudah sangat bersyukur. Tapi ada yang ga kalah menarik dan sedang naik daun, bimbel ruangguru juga insya allah bisa diakses semua orang, jika dihitung-hitung satu hari 1ribu loh, kan sangat membantu juga, dari segi aplikasi juga pasti lebih berwarna dan lebih baik yang berbayar. Tapi so far semuanya bagus.

  • Abdul

    Aku pernah buka web dan download aplikasi nya di playstore. Sudah sangat baik pemerintah menciptakan bimbel online ini. Cuma untuk beberapa mata pelajaran, kurikulum, dan metode pembelajarannya masih kurang kreatif dan fun jika dibandingkan dengan bimbel online lain yang berbayar seperti Ruangguru. Walau berbayar, RG masih sangat terjangkau juga. Jadi kalau aku pribadi, bimbel di RG, dan untuk Rumah Belajar, aku jadikan pendukung belajar aku aja. Untuk pemerintah, semoga kedepannya selalu bisa berinovasi dan bisa menyediakan bimbel online yang gratis dengan fitur-fitur canggih yang tidak kalah dengan bimbel yang berbayar:)

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.