Indonesia di Ajang Balap Motor Dunia Moto2 2019

Indonesia di Ajang Balap Motor Dunia Moto2 2019

Dimas Ekky Pratama © Sumber: TenagaKuda

Kawan-kawan pencinta ajang balapan motor mana suaranya? Sejauh ini ajang balap motor internasional yang selalu ramai menjadi pembicaran adalah MotoGP, wajar saja karena MotoGP adalah kelas utama dari Grand Prix motorcycle racing. Namun, selain MotoGP juga ada pertandingan lainnya di kelas berbeda seperti Moto2, Moto3, dan yang baru diperkenalkan di tahun 2019 ini, MotoE.

Perbedaan di antara masing-masingnya terletak di besaran kapasitas mesinnya. Dimana MotoGP sebagai kelas utama menggunakan kendaraan berkapasitas mesin sebesar 1000cc, disusul oleh Moto2 di kelas kedua dengan kapasitas mesin sebesar 600cc, dan Moto3 di kelas 3 dengan kapasitas mesin sebesar 250cc dengan maksimal pebalap berumur 28 tahun sesuai dengan pergantian peraturan terakhir.

Sebelumnya Indonesia pernah mengirimkan salah satu pebalap andalannya, Doni Tata Pradita yang pernah beradu di ajang MotoGp di tahun 2006 saat masih menggunakan kendaraan berkapasitas mesin 125 cc, kemudian MotoGp di tahun 2008 saat upgrade ke kapasitas mesin 250 cc, dan Moto2 di tahun 2013.

Doni Tata Pradita | Sumber: Istimewa
Doni Tata Pradita | Sumber: Istimewa

Pada ajan Moto2 Season 2019 yang akan datang, Indonesia juga mengirimkan pebalap andalannya yang ternyata juga merupakan rekan dari Doni Tata Pradita, yakni Dimas Ekky Pratama. Pria asal Depok ini telah mencetak segudang prestasi baik dari kejuaraan nasional maupun internasional.

Mengawali karir di kancah Asia pada ajang Asian Road Racing Championship, ia saat ini fokus untuk pertandingan akan datangnya di Moto2.

Selan Dimas Ekky Pratama, di 2019 ini juga hadir "tim Indonesia" yang turut mensupport salah satu tim yang juga bertanding di ajang Moto2 musim 2019.

Tim tersebut ialah Tim Federal Oil Gresini Moto2 garapan Fausto Gresini asal Italia. Meskipun berasal dari Italia, banyak sekali produk Indonesia yang mensupport tim ini. Mulai dari produk oli Indonesia, Federal Oil, Antangin, GS Astra, Aspira hingga Bold Experience.

"Tim Indonesia" yang mensupport Tim Federal Oil Gresini Moto2 di musim 2019 | Sumber: Tribunews
"Tim Indonesia" yang mensupport Tim Federal Oil Gresini Moto2 di musim 2019 terlihat di atribut Sam Lowes yang merupakan rider untuk Tim Federal Oil Gresini Moto2 di musim 2019 | Sumber: Tribunews

Tim Federal Oil Gresini Moto2 ini juga yang menaungi Doni Tata Pradita di ajang Moto2 yang diikutinya pada tahun 2013 lalu.

Sam Lowes sebagai pebalap untuk Tim Federal Oil Gresini Moto2 musim 2019 menorehkan waktu tercepat di tes privat pramusim Moto2 tersebut. Catatan waktu Sam Lowes, 1:41,578 unggul dari rivalnya musim ini seperti Luca Marini dan Alex Marquez di urutan kedua dan ketiga.

Sedangkan posisi pembalap Moto2 Indonesia, Dimas Ekky Pratama, berada di urutan 14 dengan catatan waktu 1:44,514.

Dimas Ekky Pratama | Sumber: Kincir
Dimas Ekky Pratama | Sumber: Kincir

Sumber: Juara Bola Sport | Tribunnews | Kincir

Pilih BanggaBangga100%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Tim Redaksi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Intip Film Internasional Terbaru Iko Uwais Yuk! Sebelummnya

Intip Film Internasional Terbaru Iko Uwais Yuk!

Kemeriahan Hari Pertama Jakarta Fair 2019 Selanjutnya

Kemeriahan Hari Pertama Jakarta Fair 2019

0 Komentar

Beri Komentar