Kalimantan, Ikon Indonesia Fashion Week 2019

Kalimantan, Ikon Indonesia Fashion Week 2019

Kain-kain Kalimantan di Indonesia Fashion Week 2019 © Kemendikbud

  • Indonesia Fashion Week 2019 menetapkan Kalimantan sebagai ikon perhelatan.
  • Terpilihnya Kalimantan karena 8 dari 37 kain tradisional Indonesia berasal dari sana.
  • Indonesia Fashion Week 2019 digelar di Jakarta, 27 Maret lalu.

Perhelatan Indonesia Fashion Week tahun ini mengangkat tema “culture values” dengan menjadikan Kalimantan/Borneo sebagai ikonnya. Terpilihnya Kalimantan dikarenakan 8 dari 37 kain tradisional berasal dari pulau terbesar di Indonesia tersebut.

“Melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, dan Kebudayaan mendukung kegiatan Indonesia Fashion Week sebagai tindak lanjut Penetapan Warisan Budaya Tak Benda Indonesia, yang merupakan salah satu program unggulan Direktorat Jenderal Kebudayaan sejak tahun 2013,” terang Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, melalui siaran pers yang diterbitkan Kemendikbud.

“Koleksi kain tradisional Kalimantan yang telah ditetapkan menjadi Warisan Budaya Tak Benda Indonesia dapat dilihat pada booth Kemdikbud yang ada di ajang IFW kali ini,” imbuhnya.

Keelokan kain Kalimantan dipamerkan di Indonesia Fashion Week 2019 | Foto: Kemendikbud

BACA JUGA: Saat Kerajaan Sriwijaya Dituangkan ke Dalam Fashion

8 dari 37 kain tradisional yang berasal dari Kalimantan antara lain Songket Sambas, Sasirangan, Ulap Doyo, Pakaian Kulit Kayu, Tenun Ikat Dayak/Sintang, Sarung Tenun Samarinda, Tenun Corak Insang, dan Tenun Pagatan.

Kemendikbud bersama Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Utara berkomitmen untuk mengembangkan wastra nusantara terutama yang ada di Kalimantan sebagai upaya mendukung pemajuan kebudayaan.

Indonesia Fashion Week menjadi salah satu ajang dalam upaya pemanfaatan objek pemajuan kebudayaan melalui inovasi dan peningkatan adaptasi menuju perubahan. Melalui kegiatan ini diharapkan desainer muda dapat melihat budaya sebagai sumber inspirasi, menjadikan keragaman budaya menjadi identitas mode sekaligus media diplomasi budaya Indonesia.

Kegiatan Pendukungan Indonesia Fashion Week merupakan rangkaian pengelolaan Warisan Budaya Tak Benda yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Acara ini digelar di Jakarta pada Rabu (27/3) lalu.**

BACA JUGA: Pernak-Pernik Indonesia di London Fashion Week 2019

Pilih BanggaBangga100%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Belajar Sejarah di Komik Pahlawan Nasional Sebelummnya

Belajar Sejarah di Komik Pahlawan Nasional

Indonesia dan Brunei (Mungkin) Saling Iri Selanjutnya

Indonesia dan Brunei (Mungkin) Saling Iri

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.