Ketepatan Waktu Penerbangan di Bandara Soetta Capai 93,8%

Ketepatan Waktu Penerbangan di Bandara Soetta Capai 93,8%
info gambar utama
  • Ketepatan waktu penerbangan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta capai angka 93,8% di Februari 2019.
  • Hasil ketepatan waktu ini dihitung oleh OAG.
  • Dengan statistik tersebut, Bandara Soetta masuk Top 25 bandara dengan OTP terbaik.

Bulan Februari 2019, ketepatan waktu penerbangan (on time performance/OTP) di Bandara Internasional Soekarno-Hatta mencapai 93,8%. Ini menjadikan Bandara Soetta masuk ke Top 25 bandara dengan OTP terbaik.

Hasil OTP ini dihitung oleh OAG, perusahaan terkemuka dunia berbasis di inggris yang menyediakan informasi penerbangan digital, intelijen dan analitik untuk bandara, maskapai penerbangan dan perusahaan teknologi perjalanan.

Bandara yang terletak di Tangerang ini bahkan masuk di Top 100 bandara dengan OTP terbaik, dan jumlah penerbangannya yang terbanyak kedua yakni 16.093 flights di Februari 2019. Bandara Soetta hanya kalah dari Bandara Changi di Singapura dengan 16. 393 penerbangan.

BACA JUGA: 3 Proyek Terbaru di Bandara Soekarno-Hatta

Direktur Utama PT. Angkasa Pura II (Persero), Muhammad Awaluddin, dalam keterangan resminya mengatakan kinerja positif ini berdampak pada peningkatan pelayanan kepada penumpang pesawat.

Dia menuturkan operasional di bandara yang terintegrasi dan didukung sistem teknologi informasi mampu membuat Bandara Soekarno-Hatta beroperasi secara efektif.

“Sejak 2017, (bandara) Soekarno-Hatta memiliki pos komando terintegrasi yang disebut dengan Airport Operation Control Center atau AOCC, di mana ini adalah hasil kolaborasi dari Airport Operator, Airline Operator, Air Navigation, dan Authorities seperti Karantina, Bea Cukai, Imigrasi, Kepolisian, dan lain sebagainya.”

“Seluruh operasional baik itu sisi udara dan sisi darat dipantau dari AOCC untuk menghasilkan kinerja yang efektif, dan hasilnya terbukti dengan OTP (bandara) Soekarno-Hatta yang sangat membanggakan yakni tembus hampir 94%,” ujar Muhammad Awaluddin.

BACA JUGA: Hotel Kapsul Bandara Soekarno-Hatta Raih Penghargaan Internasional

Sebelumnya Bandara Internasional Soekarno-Hatta masuk di peringkat 6 dalam daftar bandara terbaik di dunia 2019 yang melayani 60-70 juta penumpang per tahun.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Skytrax, lembaga independen asal Inggris, berdasarkan survei pelayanan dan fasilitas yang dilakukan terhadap penumpang pesawat di 550 bandara di seluruh dunia pada Agustus 2017 hingga Februari 2018.

Di dalam kategori Best Airport 2019: 60-70 Million Passengers ini, peringkat Bandara Soekarno-Hatta mengungguli Bangkok Suvarnabhumi (7), Dallas/Fort Worth (8), Delhi (9), dan New York JFK (10).**

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini